17:00 . AMSI-EMCL Menyerahkan APD untuk Nakes Tuban-Bojonegoro   |   13:00 . Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang   |   12:00 . Punya Pantai Sepanjang 65 KM, Tuban Bakal Dibentuk Satpolair   |   11:00 . Gelombang Kelima, 8 Kecamatan Didroping Air Bersih   |   10:00 . Kementrian ESDM Serahkan 117 Konverter Kit ke Nelayan Tuban   |   10:00 . Di Tengah Pandemi, 80 Ribu Masker Jadi Souvenir Pengunjung Pantai Kelapa   |   09:00 . Bawa Tuntutan Ketenagakerjaan, Warga 3 Desa di Tuban Demo PT. Rekind   |   08:00 . Kepala Dinsos Ancam Sanksi Tegas Pendamping Program Sosial yang Tak Netral   |   17:00 . Ekspedisi Buat 25 Jalur Panjat, Mahipal Buka Peluang Wisata   |   16:00 . Kasus Kekerasan Perempuan di Tuban Menurun   |   15:00 . Masyarakat Tuban Mulai Sadar Pentingnya Pakai Masker   |   12:00 . Pangdam Brawijaya: Berapa Pun Jumlah Personel Dibutuhkan, TNI Siap   |   09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |  
Thu, 22 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 October 2019 14:00

Penurunan Stunting Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Gemarampai

Penurunan Stunting Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Gemarampai

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati bersama Wakil Bupati Tuban mencanangkan Gerakan Makan Telur dan Minum Susu Bagi Putra-Putri Indonesia (Gemarampai) Kabupaten Tuban tahun 2019, di lapangan 17 Agustus Kecamatan Bangilan, Rabu (09/10/2019).

Dalam pencanangan Gemarampai ini turut hadir sejumlah pimpinan OPD terkait, Camat dan Forkopimka Bangilan, dan diikuti siswa TK/RA dan wali siswa se-Kecamatan Bangilan.

Bupati Tuban, Fathul Huda memberikan apresiasi setinggi-tingginya penyelenggaraan Gemarampai. Kegiatan ini sekaligus Expose Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Peternakan di Bumi Wali Tuban.

Gemarampai menjadi stimulan dan pendorong bagi orang tua agar memberikan anak makanan cukup gizi. Hal ini selaras dengan program prioritas pemerintah dalam rangka penguatan sumber daya manusia (SDM). Penguatan SDM ini dapat meningkatkan pengelolaan potensi di Kabupaten Tuban.

"Sehingga memiliki generasi unggul yang dapat dimaksimalkan sumberdaya alam dengan baik meningkatkan ekonomi serta memajukan kabupaten tuban," terang Bupati dua periode.

Pembangunan SDM, lanjut Bupati kelahiran Montong ini, dimulai sejak anak berumur 0-12 tahun. Pada umur tersebut, anak-anak dalam usia prioritas sehingga orang tua harus memberikan asupan makanan sehat dan bergizi.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menginstruksikan OPD terkait agar bersinergi dan memberikan sosialisasi terkait kecukupan gizi dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat.

"Bila perlu disediakan selabaran atau pamflet yang berisi berbagai alternatif menu makanan bergizi lengkap dengan kandungan gizinya, yang dapat dipilih untuk dimasak keluarga," imbuhnya.

Muhtasyar NU ini menekankan, agar kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tetapi ada tindak lanjut pasca kegiatan. Pemkab Tuban juga melakukan evaluasi terkait output dari kegiatan ini. Salah indikatornya adalah angka kecukupan gizi, tingkat konsumsi daging, susu, dan telur, serta penurunan penderita stunting.

Bupati Huda juga menerangkan, pemenuhan gizi bagi ibu dan anak akan menghindarkan potensi anak menderita stunting. Karenanya orang tua harus memahami jenis-jenis makanan bergizi yang dikonsumsi.

"Orang tua harus memahami mengenai makanan bergizi untuk anak. Sehingga anak tumbuh dengan sehat dan cerdas serta dapat membanggakan orang tua," serunya.

Untuk diketahui, sebelum melakukan pencanangan Gemarampai Kabupaten Tuban tahun 2019, Bupati bersama Wabup dan OPD melakukan kunjungan ke keluarga yang memiliki anak penderita stunting di desa Bangilan.

Usai melakukan pencanangan, Bupati dan Wabup melakukan Dialog/Audiensi dengan tokoh masyarakat dan agama di Pendopo Kecamatan Bangilan. Pada kegiatan Dialog/Audiensi juga diserahkan berbagai bantuan hibah Pemkab Tuban kepada para penerima. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : stunting, kekurangan gizi, balita, anak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more