14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day    |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 08 October 2019 14:00

Begini Kondisi Terkini, Bocah yang Terkena Limbah Abu Panas di Plumpang

Begini Kondisi Terkini, Bocah yang Terkena Limbah Abu Panas di Plumpang

Reporter: Nidya Marfis 

blokTuban.com - Usai pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya, bocah kelas 5 SD korban limbah buangan abu panas, saat ini kondisinya mulai membaik. 

Beberapa minggu yang lalu, masyarakat KabupatenTuban dihebohkan seorang bocah yang bernama Ahmad Dani. Kedua tangan dan kakinya terbakar lantaran terkena abu panas yang sengaja dibuang oleh oknum di tepi jalan Provinsi ikut Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Sempat dibawa ke Puskesmas Kecamatan Plmpang dan RSUD Tuban,  pada tanggal 16 September 2019 lalu bocah kelas 5 SD tersebut dirujuk ke RSUD Surabaya sebab, untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

"Luka bakar yang disebabkan bahan kimia kerusakannya lebih dalam dan memerlukan dokter speselis, kebetulan di Tuban belum ada,"ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Dinsos PPPA, Anfujatin. Selasa, (8/10/2019)

Ia menjelaskan, selama di RSUD Surabaya bocah kelas 5 SD tersebut melakukan dua kali operasi yaitu, operasi untuk membersihkan luka dan operasi plastik. Pada operasi plastik untuk mengembalikan tangannya agar  normal kembali, pihak medis mengambil daging dibagian pahanya. 

"Sebelumnya kondisi tanganya melepuh parah, agar kembali seperti semula dibutuhkan operasi plastik,"ungkapnya.

 Lebih lanjut, usai menjalani perawatan  selama 14 hari, bocah asal Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang pada tanggal 30 September 2019 lalu diperbolehkan pulang ke Tuban. Dan kondisi anak tersebut saat ini,  sudah mulai membaik dan kedua telapak tangnya sudah bisa untuk digerakan kembali.  

"Kemarin kami bersama LPA menjemput mereka di Surabaya, alhamdulillah kondisi anaknya sudah membaik,"ujarnya. 

Ia menambahkan, selama menjalani perawatan baik di Tuban dan di Surabaya, korban menggunkan kartu BPJS  JKN - KIS. "Alhamdulillah korban mempunyai kartu JKN - KIS,"imbuhnya.  

Ia berharap, pelaku untuk segera ditemukan sebab, hal tersebut termasuk melanggar hak anak dikarenakan lingkungan sekitar tempat tinggalnya tidak ramah terhadap anak - anak. Juga,  nantinya pelaku mendapatkan sanksi yang tegas agar tidak ditiru perusahaan - perusahaan lainnya. 

"Tetap harus ada kopensasi untuk korban,"tandasnya. [nid/ito]

Tag : rsud, limbah, abu, panas, tuban, plumpang

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more