14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day¬†   |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 07 October 2019 07:00

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Kenapa Ibu Menyusui Sering Alami Pusing atau Sakit Kepala?

Reporter: -

blokTuban.com - Menyusui punya banyak manfaat baik untuk ibu dan bayi. Salah satunya adalah meningkatkan bonding antara Anda dan si kecil.

Meski begitu, ada saja mungkin tantangan yang harus dilewati ibu menyusui. Selain nyeri payudara, beberapa ibu menyusui juga kerap mengeluhkan timbulnya rasa sakit kepala atau pusing. Hmm, kira-kira kenapa, ya?

Dilansir Mom Junction, berikut 5 hal yang bisa sebabkan rasa pusing atau sakit kepala saat menyusui.

- Kelelahan

Ibu baru pasti paham, kalau jam tidur pasti berkurang sejak si kecil lahir ke dunia. Kurang tidur dan kelelahan inilah yang bisa jadi penyebab Anda sering merasa pusing.

Oleh karena itu, ibu menyusui dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Anda bisa menyiasatinya dengan berbagi tugas dengan pasangan dalam mengurus bayi. Selain itu, jangan lupa untuk tetap makan dengan pola gizi seimbang agar stamina tetap terjaga.

- Dehidrasi

Saat menyusui, bayi akan menyerap banyak air yang terdapat di dalam tubuh Anda. Bila Anda tidak segera mengisi ulang lagi cairan di dalam tubuh, maka inilah yang membuat tubuh Anda jadi dehidrasi.

Minumlah air putih atau air kelapa secara rutin agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang Anda menyusui. Sebab, kekurangan cairan tubuh juga bisa membuat Anda pusing dan lemas, Moms.

- Riwayat Migrain

Anda yang memiliki riwayat migrain sejak sebelum hamil, mungkin bisa merasakan penyakit ini kambuh selama masa menyusui. Ya, migrain merupakan  merasa sakit kepala hanya di sebelah kanan atau kiri bagian kepala. Migrain biasanya diikuti dengan nyeri berdenyut dan berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam dan bisa juga menimbulkan rasa mual.

- Mastitis

Mastitis merupakan peradangan pada satu atau kedua payudara yang mungkin disertai infeksi atau tanpa infeksi. Gejala mastitis adalah sakit kepala yang disertai dengan demam, dan payudara terasa nyeri dan puting terlihat lebih hitam dari biasanya.

Mastitis mempengaruhi hampir 20 persen ibu menyusu dan paling sering terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan.

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh ibu, seperti demam dan sakit kepala. Untuk mencegah mastitis, Anda harus rutin mengosongkan payudara dengan cara menyusui bayi atau rajin memompa ASI saat sedang tidak bersama si kecil.

- Sakit Kepala Setelah Melahirkan

Sakit kepala pascabersalin atau yang dikenal juga sebagai sakit kepala postpartum bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala saat menyusui. Ya Moms, setelah melahirkan terjadi penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit kepala. Kondisi ini terjadi pada 30-40 persen wanita di minggu pertama pascabersalin.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more