07:00 . Serangan Jantung Tiba-Tiba Kerap Tidak Diketahui Penderita   |   12:00 . Sabtu-Minggu, KPU Tuban Tetap Layani Pendaftar PPS   |   11:00 . Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat   |   10:00 . Intoleransi Agama dan Solusinya   |   09:00 . 2019 Disdukcapil Cetak 20.359 Akta Kelahiran   |   08:00 . Mayat Mr.X Ditemukan di Bekas Tambang Kumbung   |   07:00 . Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Anak Berteman   |   22:00 . Tahun 2019, Disdukcapil Cetak 28.458 KIA   |   21:00 . Awal Tahun 2020, Tiga PNS di Tuban Cerai   |   20:00 . Mayat Mr X Diduga ODGJ, Ini Kata Warga Sekitar   |   18:00 . Cari Burung, Bocah Temukan Mayat Mr X   |   17:00 . Ini Alasan Ketua DPD PPDI Tuban Pindah Haluan ke DPN PPDI   |   16:00 . Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Naik   |   15:00 . Gandeng PT. Pubisker, DPD PPDI Tuban Fokus Ekonomi Kerakyatan Desa   |   14:00 . Antisipasi Bencana, Masyarakat Rengel Tanam Rumput Vetiver   |  
Sun, 23 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 05 October 2019 10:00

Kebut Finalisasi Licensor Kilang Tuban

Kebut Finalisasi Licensor Kilang Tuban *ilustrasi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menjelaskan, proyek Kilang Tuban masih dalam proses pengadaan lahan. Pertamina sempat kesulitan membebaskan lahan untuk proyek tersebut karena adanya gugatan dari warga sekitar, Sabtu (5/10/2019).

Namun Pemerintah Daerah Tuban telah memenangi kasasi terkait penetapan lokasi Kilang Tuban. Sehingga Pertamina bisa melanjutkan proses pengadaan lahan.

"Finalisasi licensor, kemudian manajemen kontrak juga sedang berjalan. Design engenering sedang berlangsung. Pengadaan lahan lagi berlangsung, gugatan kan menang," kata Arcandra dilansir dari katadata.co.id.

Diberitakan sebelumnya, tim pengadaan lahan proyek strategis nasional (PSN) Kilang Tuban di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Badan Pertanahan Nasional (BPN) di awal September 2019 telah menunjukkan progres kerja. Pemasangan dan pengukuran patok masih fokus di Desa Wadung, Jenu.

"357 bidang terpasang patok, 357 terukur," Kata Kepala BPN Tuban, Ganang Ginanto ketika dikonfirmasi reporter blokTuban.com.

BPN tancap gas memasang dan mengukur patok, setelah penyuluhan pengadaan tanah Kilang Tuban kepada 349 pemilik lahan dari Desa Wadung dan Kaliuntu di Pendopo Kecamatan Jenu pada 15 Agustus 2019 lalu.

Pengukuran lahan proyek patungan Pertamina-Rosneft Rusia yang dilaksanakan per bidang ini, batasannya yang tahu pemilik lahan dan disetujui pemilik lahan di sebelahnya.

Kendati saat ini sudah ada 357 bidang terukur, tapi diharapkan pemilik lahan yang lain dapat memasang pal batas lahan yang difasilitasi oleh Pertamina dan Pemdes setempat. Prinsipnya siapa yang cepat diukur maka cepat pula mengetahui besaran ganti ruginya.

"Tim akan mengukur dan menggambar, jika batasnya ada baru diketahui luasannya," imbuhnya.

Diketahui total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Kilang Tuban itu sekitar 841 hektare. Dari jumlah itu, luas lahan KLHK sekitar 348 Ha, luas tanah masyarakat dan desa seluas 348 hektar dan luas tanah Perhutani kurang lebih 109 hektar. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kilang tuban, migas, proyek kilang



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more