Sinergi Program CSR TPPI Libatkan Kades dan Camat Jenu

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kehadiran PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) telah memberikan sumbangsih besar kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). Dalam perencanannya, manajemen secara intens berkoordinasi dengan para kepala desa terkait dan Camat Jenu.

Sinergi yang dikemas sambil ngopi bareng ini dimaksudkan menyamakan persepsi, dan menghitung capaian program. Berbagai masukan dari pemangku desa dan kecamatan didengar, kemudian diputuskan oleh manajemen mana program yang diberikan untuk desa A maupun B.

"Kenapa kita libatkan para kades dan camat, karena beliau yang lebih paham apa kebutuhan masyarakat," tutur PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, ST. MM, Rabu (2/10/2019).

Sebagai perusahaan pengolah minyak, TPPI rutin dan peduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Komunikasi adalah kunci utama, untuk menyelesaikan sebuah kesalahpahaman di lapangan.

Pada 2018 lalu, PT TPPI telah menggelontorkan dana CSR sebesar Rp1.387.989.500. Dana CSR TPPI berada diurutan ke 4 dari 34 perusahaan di Tuban.

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, dana CSR TPPI terus merangkak naik. Tahun 2016 sebesar Rp906.226.680. Tahun 2017 sebesar Rp1.336.728.000. Tahun 2018 sebesar Rp1.387.989.500. Untuk tahun 2019 sebesar Rp1.953.163.810.

"Selama 2018 CSR terkosentrasi pada pendidikan dan pelatihan, dukungan umum dan keolahragaan, sosial kemasyarakatan, infrastruktur, lingkungan, hubungan eksternal dan pemerintah," terangnya.

Lebih dari itu, TPPI Tuban terbilang serius memperhatikan kondisi peserta didik di sekitar wilayah operasinya. Secara rutin, perwakikan manajemen menyerahkan dana bagi siswa berprestasi.

Bantuan dana bagi siswa berprestasi peringkat I sebesar Rp2 juta. Peringkat II Rp1,5 juta dan peringkat III Rp1 juta. Program ini bertujuan untuk memberikan rangsangan dan semangat bagi siswa/siswi SD mulai siswa yang duduk di bangku kelas 3, 4 dan 5 akan berlomba meraih yang terbaik.

Sekali lagi, spirit ini bukan dilihat dari nilai uangnya, tetapi bisa naik panggung pada saat acara purna siswa dan disaksikan oleh semua wali murid beserta para tokoh masyarakat, pemerintah desa serta para murid yang lain, merupakan kebanggaan tersendiri. Semangat inilah sebenarnya yang kita inginkan dari para siswa.

"Selain itu juga diberikan bantuan bagi 3 siswa/siswi yang kurang mampu masing-masing uang tunai sebesar Rp1 juta. Tujuannya agar bisa terus melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi (SLTP)," jelasnya.

Program ini tidak hanya ditujukan untuk SDN Purworejo saja, melainkan juga ke SDN Tasikharjo, SDN Remen I dan SDN Remen II. Disamping itu, program kali ini merupakan peningkatan program dana pendidikan dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun lalu hanya dana bantuan untuk siswa yang tidak mampu saja, saat ini meningkat ke siswa berprestasi dan jika PT. TPPI diberikan kemampuan keuangan yang cukup, maka tahun yang akan datang akan diprogramkan dana beasiswa (sekolah gratis selama 3 tahun) bagi siswa lulusan SD berprestasi dan kurang mampu, agar dapat terus bersekolah di tingkat SLTP.

Selain program yang berupa bantuan dana untuk anak berprestasi dan kurang mampu ini, PT. TPPI juga memberikan bantuan pembenahan fasilitas sekolah. Tercatat pada tahun 2018 ini Kilang TPPI merenovasi gedung PAUD Sekar Tanjung Desa Tasikharjo yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Di penghujung tahun 2019 ini, TPPI juga akan menuntaskan program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi 6 warga Desa Remen, Tasikharjo dan Purworejo Kecamatan Jenu. Selain itu, yang paling gres (baru) adalah penuntasan program pelatihan bekerjasama dengan BLKI Tuban yang dikhususkan bagi 20 pemuda desa sekitar lulusan SMA/SMK yang akan mengikuti Program Pelatihan K3 Tehnik Pemasangan Perangkat Perancang Bangunan/ scafolding tersertifikasi dari Kementerian Tenaga Kerja.

Program ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga terampil dalam menghadapi dan menyesuaikan dengan kebutuhan era Industrialisasi di masa mendatang.
Adapun program pelatihan berkelanjutan akan disiapkan pada tahun depan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan seperti Pelatihan Safety Man, Rigger, Welder, Safety Inspector dan lain-lain. [ali/rom]