12:00 . Sabtu-Minggu, KPU Tuban Tetap Layani Pendaftar PPS   |   11:00 . Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat   |   10:00 . Intoleransi Agama dan Solusinya   |   09:00 . 2019 Disdukcapil Cetak 20.359 Akta Kelahiran   |   08:00 . Mayat Mr.X Ditemukan di Bekas Tambang Kumbung   |   07:00 . Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Anak Berteman   |   22:00 . Tahun 2019, Disdukcapil Cetak 28.458 KIA   |   21:00 . Awal Tahun 2020, Tiga PNS di Tuban Cerai   |   20:00 . Mayat Mr X Diduga ODGJ, Ini Kata Warga Sekitar   |   18:00 . Cari Burung, Bocah Temukan Mayat Mr X   |   17:00 . Ini Alasan Ketua DPD PPDI Tuban Pindah Haluan ke DPN PPDI   |   16:00 . Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Naik   |   15:00 . Gandeng PT. Pubisker, DPD PPDI Tuban Fokus Ekonomi Kerakyatan Desa   |   14:00 . Antisipasi Bencana, Masyarakat Rengel Tanam Rumput Vetiver   |   13:00 . Polres Tuban Gelar Upacara Pedang Pora Lepas Sambut Kapolres   |  
Sun, 23 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 02 October 2019 11:00

Pertamina EP Field Sukowati Lakukan Inovasi dan Efisiensi

Pertamina EP Field Sukowati Lakukan Inovasi dan Efisiensi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Untuk menjawab tantangan dari pemerintah yang diwakili SKK Migas sebagai pengawas, pengendali dan pengelola industri hulu migas di Indonesia, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field melakukan improvisasi dan inovasi.

Inovasi dilakukan untuk pembenahan penggunaan Chemical PPD (Pour Point Depressant) di Lapangan Sukowati. Inovasi terhadap evaluasi dan monitoring penggunaan Chemical PPD, Sukowati Field mampu mengurangi penggunaan chemical PPD tanpa mengurangi mutu operasi produksi. Sehingga menekan biaya alias melakukan efisiensi miliaran rupiah.

Agus Amperianto GM Pertamina EP Asset 4 menyampaikan, bahwa hal ini dilakukan dalam rangka efisiensi biaya operasi produksi khususnya untuk penggunaan Chemical.

Sedang Field  Manager Pertamina EP Field Sukowati Indarwan Harsoni menjelaskan, inovasi dan efisiensi yang dilakukan ini adalah langkah berani yang telah dilakukan untuk keluar dari zona nyaman sejak alih kelola operator dari JOB PPEJ ke Pertamina EP.

‘’Efisiensi dalam penggunaan Chemical ini besar artinya bagi Pertamina EP,’’ ujar dia.

Keberhasilan memanfaatkan tantangan jadi peluang itu terwujud  setelah Tim CIP FTP-BBM pada awal tahun 2019 melakukan inovasi sistem evaluasi dan monitoring injeksi Chemical PPD untuk pengiriman Minyak ke FSO. Sehingga mampu mengurangi pemakaian chemical PPD tersebut. 

‘’Dengan begitu, Pertamina EP Field Sukowati tidak perlu menggunakan banyak Chemical PPD saat melakukan proses pengiriman minyak ke FSO,” tambah Indarwan Harsoni .

Dia menjelaskan, dalam proses pengiriman minyak ke FSO diperlukan injeksi Chemical PPD  yang berguna untuk menaikkan Pour Point minyak agar tidak terbentuk Wax sepanjang pipa.

Injeksi PPD sudah dilakukan sejak operator lama JOB PPEJ dengan dosis 300 PPM dan evaluasinya hanya menggunakan data Pigging dan hasil lab test Chemical PPD.

Dengan inovasi pada sistem evaluasi memakai data Pressure itu, Pigging, Field & laboratory test kebutuhan Chemical PPD hanya sedikit. Yaitu dengan dosis 50 PPM, sehingga Pertamina EP Field Sukowati bisa melakukan penghematan.

‘’Total nilai penghematan sekitar Rp 8 Miliar rupiah setiap tahun. Itu belum termasuk nilai yang tidak bisa diukur, yakni Segi Safety,’’ ungkapnya.

Keberhasilan melakukan inovasi ini, tegas Indarwan harsoni,  juga memberi manfaat besar bagi Pertamina EP untuk menaikkan keuntungan jika produksi minyak dan gas tidak dapat naik. 

‘’Inovasi yang dilakukan ini merupakan Continuous Improvement Program (CIP) yang merupakan program Pertamina EP untuk mendorong seluruh karyawan melakukan inovasi demi kemajuan perusahaan dan negara,’’ tandasnya.[ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pertaminaep, pertaminaasset4, inovasi, efisiensi



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more