14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day¬†   |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 02 October 2019 11:00

Pertamina EP Field Sukowati Lakukan Inovasi dan Efisiensi

Pertamina EP Field Sukowati Lakukan Inovasi dan Efisiensi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Untuk menjawab tantangan dari pemerintah yang diwakili SKK Migas sebagai pengawas, pengendali dan pengelola industri hulu migas di Indonesia, Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field melakukan improvisasi dan inovasi.

Inovasi dilakukan untuk pembenahan penggunaan Chemical PPD (Pour Point Depressant) di Lapangan Sukowati. Inovasi terhadap evaluasi dan monitoring penggunaan Chemical PPD, Sukowati Field mampu mengurangi penggunaan chemical PPD tanpa mengurangi mutu operasi produksi. Sehingga menekan biaya alias melakukan efisiensi miliaran rupiah.

Agus Amperianto GM Pertamina EP Asset 4 menyampaikan, bahwa hal ini dilakukan dalam rangka efisiensi biaya operasi produksi khususnya untuk penggunaan Chemical.

Sedang Field  Manager Pertamina EP Field Sukowati Indarwan Harsoni menjelaskan, inovasi dan efisiensi yang dilakukan ini adalah langkah berani yang telah dilakukan untuk keluar dari zona nyaman sejak alih kelola operator dari JOB PPEJ ke Pertamina EP.

‘’Efisiensi dalam penggunaan Chemical ini besar artinya bagi Pertamina EP,’’ ujar dia.

Keberhasilan memanfaatkan tantangan jadi peluang itu terwujud  setelah Tim CIP FTP-BBM pada awal tahun 2019 melakukan inovasi sistem evaluasi dan monitoring injeksi Chemical PPD untuk pengiriman Minyak ke FSO. Sehingga mampu mengurangi pemakaian chemical PPD tersebut. 

‘’Dengan begitu, Pertamina EP Field Sukowati tidak perlu menggunakan banyak Chemical PPD saat melakukan proses pengiriman minyak ke FSO,” tambah Indarwan Harsoni .

Dia menjelaskan, dalam proses pengiriman minyak ke FSO diperlukan injeksi Chemical PPD  yang berguna untuk menaikkan Pour Point minyak agar tidak terbentuk Wax sepanjang pipa.

Injeksi PPD sudah dilakukan sejak operator lama JOB PPEJ dengan dosis 300 PPM dan evaluasinya hanya menggunakan data Pigging dan hasil lab test Chemical PPD.

Dengan inovasi pada sistem evaluasi memakai data Pressure itu, Pigging, Field & laboratory test kebutuhan Chemical PPD hanya sedikit. Yaitu dengan dosis 50 PPM, sehingga Pertamina EP Field Sukowati bisa melakukan penghematan.

‘’Total nilai penghematan sekitar Rp 8 Miliar rupiah setiap tahun. Itu belum termasuk nilai yang tidak bisa diukur, yakni Segi Safety,’’ ungkapnya.

Keberhasilan melakukan inovasi ini, tegas Indarwan harsoni,  juga memberi manfaat besar bagi Pertamina EP untuk menaikkan keuntungan jika produksi minyak dan gas tidak dapat naik. 

‘’Inovasi yang dilakukan ini merupakan Continuous Improvement Program (CIP) yang merupakan program Pertamina EP untuk mendorong seluruh karyawan melakukan inovasi demi kemajuan perusahaan dan negara,’’ tandasnya.[ali/ono]

 

Tag : pertaminaep, pertaminaasset4, inovasi, efisiensi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more