Kemenag Gelar Workshop Implementasi Literasi Pelaksanaan Kurikulum 2013

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban adakan kegiatan implementasi literasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi Kepala dan Waka kurikulum  madrasah se - Kabupaten Tuban.

Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, pengertian literasi dalam konteks gerakan literasi madrasah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas. Antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, atau berbicara juga sebagai sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajaran.

"Literasi sepanjang hayat melalui pelibatan publik," ungkap Sahid Selasa, (1/10/2019)

Lebih lanjut, menurut Sahid, pengertian tersebut memberikan pemahaman bahwa literasi tidak hanya terbatas pada membaca buku, namun mengakses informasi termasuk juga literasi. Artinya bahwa dalam hal ini peserta didik diberikan kesempatan untuk mengakses informasi seluas-luasya baik media cetak maupun elektronik dengan catatan tanpa mengesampingkan etika-etika yang baik dan di dalam kelas guru wajib mengontrol atau pun mengawasi. 

"Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan peserta didik akan mengakses informasi lain," ungkapnya. 

Ia berharap, kepada semua guru dan murid untuk gemar membaca dan membukukan dalam bentuk buku, sebuah fakta dan realita.

 "Ada lima tugas kepala madrasah diantaranya; sebagai leader, sebagai inovator, sebagai edukator, sebagai supervisor dan sebagai administrator, harus tau apa yang harus di siapkan oleh lembaga," tandasnya. [nid/col]