Seminar Merajut Nusantara, Tekankan Urgensi Waspada Hoax

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dapil Tuban - Bojonegoro, Satya Widya Yudha bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Kementerian Kominfo RI menggelar Seminar Merajut Nusantara, Minggu (29/9/2019).

Bertempat di Dewarna Hotel Bojonegoro, seminar diikuti ratusan peserta dari ibu rumah tangga dan pemuda dari semua kecamatan di Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dapil Tuban - Bojonegoro, Pak Satya Yudha, sapaan akrabnya menyampaikan pentingnya waspada berita hoax di tahun 2019.

Menurutnya, akhir-akhir ini arus informasi deras mengalir ke masyarakat,  banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoax.

"Kami berkewajiban mengingatkan masih banyak yang butuh pengetahuan ini tujuannya pemerintah membuat waspada. Jika ada berita bisa menyaring informasi itu," ujar Satya Yudha.

Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kominfo,
Prof. Dr. Drs Henri Subiakto, SH, MA, menyampaikan, perubahan zaman terus berkembang seiring pengembangan informasi dan teknologi, juga mengakibatkan perubahan masyarakat dalam membaca berita.

"Dulu dapat berita dari baca koran, mendengarkan radio dan menonton tv. Sekarang berita sudah ada di genggaman, yakni di HP," kata Profesor Henri.

Saat ini, kata Profesor, generasi milenial sudah jarang membaca koran, maupun menonton televisi. Ketika menerima informasi, kadang menelan mentah-mentah dan tidak mencari dari media-media online yang kredibel.

"Verifikasi berita itu perlu. Agar tidak ikut terbawa atau bahkan ikut menyebarkan berita hoax," imbuhnya. [lis/col]