19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |   13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bupati Jadi Pembina Tagana Berprestasi

bloktuban.com | Sunday, 29 September 2019 10:00

Bupati Jadi Pembina Tagana Berprestasi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda dinobatkan sebagai Pembina Tagana Berprestasi Tingkat Nasional.

Penobatan itu dari Kemensos RI. Penghargaan diserahkan langsung  Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat, Sabtu (28/9/2019).

Penerimaan dilakukan pada apel Siaga Bencana dan peluncuran Kawasan Siaga Bencana (KSB) Gunung Bromo.  Acara itu sebagai puncak Jambore Tagana Nasional dan Baksos tahun 2019 di Lautan Pasir Bromo, Probolinggo.

Penghargaan ini diberikan karena Bupati Tuban dinilai telah memberi perhatian lebih pada Tagana di Kabupaten Tuban. Selain itu, mendorong terciptanya kesadaran mitigasi bencana dan penanganan kondisi kedaruratan di Kabupaten Tuban.

Tidak hanya itu, anggota Tagana Kabupaten Tuban juga memperoleh penghargaan sebagai Tagana Teladan Nasional tahun 2019 yang diberikan kepada Moh. Zainuri.

Proses selesksi Tagana Teladan dimulai dari tingkat kabupaten, seleksi tingkat provinsi yang kemudian ditunjuk sebagai wakil propinsi. Kriteria penilaian mencakup keterampilan tagana dan dedikasi tagana dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Hadir juga Gubernur Jawa Timur Khififah Indar Parawansa, Wagub Bengkulu, Wagub Aceh,  dan pejabat di Kemensos.

Juga Bupati dan Walikota se-provinsi Jawa Timur, Bupati dan Walikota dari sejumlah wilayah di Indonesia serta Kepala Dinsos Jatim dan Kepala Dinsos Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Harry Hikmat mengatakan, kegiatan Jambore Tagana dan baksos untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas penanggulangan bencana di Indonesia.

“Kegiatan ini juga menjadi wadah para relawan kebencanaan di Indonesia dan ASEAN bertemu untuk berbagi pengalaman dan proses belajar bersama dari setiap karakteristik bencana dan budaya,’’ ujarnya.

Pada acara ini juga ada gerakan menanam pohon. Setiap anggota Tagana menyemai 100 bibit pohon.

“Dengan jumlah Tagana Jawa Timur sebanyak 1.600 personel sehingga terkumpul sebanyak 160 ribu bibit pohon,” terangnya.

Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansamenyampaikan terima kasih kepada seluruh Tagana atas totalitas dan pengabdian dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya penanganan banjir bandang di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

“Seluruh Tagana telah teruji dan melaksanakan tanggung jawabnya dengan maksimal,” ungkapnya.

Khofifah mengungkapkan berbagai kegiatan diadakan Tagana untuk saling memberi kehidupan atau dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah ‘Urip Iku Urup, Urup Kang Manguripi’. Pemprov Jatim juga bekerja sama dengan Jepang kaitannya dengan Trauma Healing Equipment.

‘’Kerjasama ini dimaksudkan untuk semakin peningkatan kualitas Tagana secara kelembagaan maupun individual. Juga untuk mendorong capaian indeks pelayanan yang semakin kuat, terukur, dan efektif,’’ tandasnya.

Bupati Tuban Fathul Huda mengungkapkan rasa syukur dan bangga serta ucapan terima kasih kepada semua pihak atas penghargaan yang diraih.

Prestasi yang diraih itu menurut dia, merupakan hasil kerja keras serta sinergi dari semua instansi dan stakeholder terkait.

Penghargaan itu dia dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tuban. Khususnya kepada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Tagana Kabupaten Tuban.

‘’Kami sampaikan terimakasih atas hasil kerja kerasnya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang mitigasi bencana,”  katanya.[hud/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tagana, pembinatagana, jawatimur, tubanbumiwali



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more