Aksi Penakluk Dinding asal Tuban Saat Haornas

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019, para penakluk dinding asal Kabupaten Tuban memiliki cara tersendiri.

Tak kurang dari 56 peserta mengikuti lomba panjat tebing tingkat pelajar, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) bekerjasama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tuban.

Puluhan peserta yang terdiri dari 29 pelajar putra dan 18 pelajar putri itu, saling bertanding di kategori Lead U-19 putra-putri dan Speeder Kids putra-putri, pada Sabtu (28/09/2019).

Ketupel Panjat Tebing Haornas, Ariyanto menjelaskan lomba ini diperuntukkan bagi peserta tingkat pelajar dan non atlet Puslatda. Tujuan utamanya untuk menggali potensi atlet panjat Tuban yang baru.

“Semoga kegiatan lomba seperti ini selalu rutin terselenggara, sehingga tercipta iklim kompetisi yang nantinya mengarah pada peningkatan kemampuan atlet,” tegasnya.

Untuk pemenang sementara sudah ada, yakni lead putri U-19. Juara pertama Fatimah Azzahra dari SMK Abdi Negara, juara 2 dari SMPN 5 Tuban, dan juara 3 SDN Kebonsari 3 Tuban. Final speeder kid dan final lead putra U-19 malam hari.

Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban, Zainal Maftuhien menambahkan, Lomba Panjat Tebing adalah agenda baru dalam rangka Haornas 2019.

“Lomba ini kita maksudkan sebagai investasi dan regenerasi atlet proyeksi pencapaian prestasi jangka menengah,” tambahnya.

Selain itu, juga untuk menggali bibit atlet potensial sejak dini. Karenanya peserta adalah atlet usia sekolah sesuai kelompok umur yang ditentukan.

Lebih dari itu, ntuk merangsang minat dan motivasi pembinaan di club/sekolah sehingga cabor panjat lebih dikenal dan diminati masyarakat.

“Sekaligus event ini bisa menjadi tolok ukur latihan yang telah dilakukan selama ini,” tandasnya. [ali/col]