Mulai September 2019 Insentif Guru TPQ Tuban Naik 100 Persen

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Komitmen Pemkab Tuban untuk terciptanya generasi yang unggul diwujudkan dengan terus meingkatkan bantuan pembangunan sarana pendidikan di Kabupaten Tuban. Pada tahun 2019 dialokasikan pembangunan/rehab gedung MI sebanyak 43 lembaga dan pada tahun 2020 dialokasikan hibah pembangunan sebanyak 88 TPQ dan 14 masjid.

Pemkab Tuban juga memberi perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan guru TPQ; MI; maupun swasta NON GTT serta NON PNS. Mulai September 2019 ini, insentif guru TPQ dinaikkan 100 persen dari yang sebelumnya.

Kenaikan gaji hingga 50 persen dari gaji sebelumnya juga dirasakan pegawai NON PNS Pemkab Tuban per September 2019. Tidak hanya itu, juga tengah diadakan kajian regulasi.

"Diupayakan pada P-APBD 2020, guru MI maupun guru swasta NON GTT NON PNS akan mendapat insentif," Kata Bupati Huda dalam doalog dengan warga Merakurak, Rabu (25/9/2019).

Bupati kelahiran Montong ini juga membahas bantuan alat pertanian yang diberikan. Alat tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pedagang yang terjerat rentenir, harus segera ditangani melalui sejumlah kebijakan yang telah dibuat.  

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menghimbau masyarakat agar senantiasa menjaga perdamaian dan ketertiban lingkungan. Selain itu, menghindari isu-isu kaitannya dengan radikalisme yang bisa memecahkan NKRI.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan diantaranya Hibah BPNTD sebanyak 185 penerima; Hibah Ormas/Lembaga sebanyak 3 lembaga; Hibah masjib sebanyak 14 masjid; Hibah TPQ sebanyak 88; alat pertanian Hand Traktor dan pompa air sebanyak 57 alat; Rehab RTLH sebanyak 45 penerima; penyelenggara Diniyah/BOS sebanyak 520 lembaga.

Hibah untuk Madrasah/Sekolah lainnya 20 penerima; bantuan untuk 3 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis); Insentif Guru TK&RA sebanyak 2.015 orang; mesin pengering Jagung/Driyer dengan kapasitas 10 ton untuk Kecamatan Kerek, Montong, dan Merakurak masing-masing 1 unit; dan Hibah optimalisasi Sentra Peternakan Rakyat untuk 4 sekelompok serta pengembangan sarana dan prasarana 14 kelompok. [ali/ito]