17:00 . FITRA Jatim: Pemkab Tuban Jangan Berbisnis Internet Desa   |   16:00 . DPRD Tuban: Uang Milik Desa Kenapa Pemkab Memaksa?   |   15:00 . Tarif Mahal, BPD Pongpongan Anggap Pemkab Paksa Desa Langganan Internet Icon Plus   |   11:00 . Apabila LPG 3 Kg Rp35.000, Pemilik Warung di Tuban Keberatan   |   10:00 . Misi Bangun 1.000 TPQ, Pemkab Kucurkan Dana Hibah Rp2 M   |   09:00 . 93 Desa di Tuban Terima ADD Rp18,3 M   |   08:00 . GP Ansor Siapkan Pemimpin Militan   |   07:00 . 7 Kebiasaan 'Baik' Orang Tua yang Membuat Anak Tidak Percaya Diri   |   21:00 . Pertamina Ajak Utamakan Keselamatan dan Kesehatan dalam Bekerja   |   20:00 . Tahun 2019, Ada 105.798 Penerima PKH   |   19:00 . Di Tuban, Program Kartu Sembako Murah Baru akan Disosialisasikan   |   18:00 . Jatah Pupuk Bersubsidi Dipangkas, Dinas Minta Petani Optimalkan Pupuk Organik   |   17:00 . Audit Batas Wilayah Perbatasan Banjarsari-Soko Direvisi   |   16:00 . Polisi Tetapkan Sopir MPU Jadi Tersangka   |   15:00 . Pertamina Tanggapi Kabar LPG 3 Kg Dicabut   |  
Sat, 18 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 23 September 2019 12:30

PKM Unirow Kenalkan Alat Asap Ikan Ramah Lingkungan ke Poklahsar

PKM Unirow Kenalkan Alat Asap Ikan Ramah Lingkungan ke Poklahsar

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap di Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, yang dipimpin Dwi Rusmiyati, berpotensi dikembangkan dari segi produksi dan manajemen usahanya.

Selasa, 6 Agustus 2019 kemarin, sekitar 15 peserta telah mengikuti Kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Pengenalan dan Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik (Efektif, higiens dan ramah lingkungan). Acara digelar di ruang Laboratorium Teknik Industri Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban dan diunggah chanel Youtube. (Klik untuk melihat video).

"Kelompok Poklahsar ikan asap diberikan pengenalan pelatihan produksi ikan asap dengan alat pengasapan Efhilik agar dapat mengetahui manfaat alat tersebut. Tujuannya agar tidak menimbulkan polusi udara dan mendapatkan asap cair yang dapat digunakan sebagai bahan penganti formalin," ucap Ketua Pengabdian Masyarakat, Marita Ika Joesidawati.

Marita menambahkan, Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik muncul karena pihaknya ingin menerapkan pengasapan yang Efektif, higiens dan ramah lingkungan.

Rangkaian pengabdian dalam satu tahun kedepan, akan menghasilkan produk alat asap ikan Efhilink untuk pengasapan yang efektif, higiens dan ramah lingkungan. Juga akan dilakukan worksop pengenalan alat, dan ditutup dengan pelatihan dan pendampingan dalam teknik menajemen usaha ikan asap.

Suwarsih dan Henny Sri Astuty, anggota Pengabdian Masyarakat di program ini menambahkan, pelatihan produksi ikan asap dengan alat pengasapan Efhilik yang lebih ramah lingkungan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban melibatkan Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Ikan Asap dari Kelurahan Karangsari yang didanai oleh Hibah PKM Kemenristek Dikti Pada Tahun 2019.

Salah satu peserta pelatihan ini, Dwi Rusmiati merasa sangat senang. Karena bisa mengikuti Pelatihan Produksi Ikan Asap dengan Alat Pengasapan Efhilik. "Karena lebih bermanfaat dan lebih ramah lingkungan," jelas Dwi Rusmiati.

Mereka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenristek Dikti atas pendanaan Hibah DRPM Melalui Program Kemitraan Msyarakat (PKM) Tahun 2019. [inf/dy]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ikan asap, tuban, unirow, pkm



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more