12:00 . Sabtu-Minggu, KPU Tuban Tetap Layani Pendaftar PPS   |   11:00 . Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat   |   10:00 . Intoleransi Agama dan Solusinya   |   09:00 . 2019 Disdukcapil Cetak 20.359 Akta Kelahiran   |   08:00 . Mayat Mr.X Ditemukan di Bekas Tambang Kumbung   |   07:00 . Yang Bisa Anda Lakukan untuk Membantu Anak Berteman   |   22:00 . Tahun 2019, Disdukcapil Cetak 28.458 KIA   |   21:00 . Awal Tahun 2020, Tiga PNS di Tuban Cerai   |   20:00 . Mayat Mr X Diduga ODGJ, Ini Kata Warga Sekitar   |   18:00 . Cari Burung, Bocah Temukan Mayat Mr X   |   17:00 . Ini Alasan Ketua DPD PPDI Tuban Pindah Haluan ke DPN PPDI   |   16:00 . Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Naik   |   15:00 . Gandeng PT. Pubisker, DPD PPDI Tuban Fokus Ekonomi Kerakyatan Desa   |   14:00 . Antisipasi Bencana, Masyarakat Rengel Tanam Rumput Vetiver   |   13:00 . Polres Tuban Gelar Upacara Pedang Pora Lepas Sambut Kapolres   |  
Sun, 23 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 23 September 2019 09:00

Ancaman Limbah Abu Panas

Jenis Material Limbah Panas Diduga B3 di Plumpang Belum Terungkap

Jenis Material Limbah Panas Diduga B3 di Plumpang Belum Terungkap

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Uji laboratorium material limbah diduga Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), yang memakan korban dua anak di Kabupaten Tuban masih berlangsung. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban belum bisa merilis jenis material apa yang ada di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang itu.

Kepada reporter blokTuban.com, Kepala DLH Bambang Irawan menjelaskan, uji lab meterial membutuhkan waktu cukup. Sampai sekarang masih proses, dan belum diketahui jenis limbah tersebut.

"Lab material yang diduga limbah B3 belum selesai," kata Bambang, Senin (13/9/2019).

Material tersebut diambil tim DLH pada Jumat (13/9/2019) lalu. Bambang bersama Forkopimca Plumpang langsung menuju tiga lokasi, dimana limbah itu dibuang oleh oknum sembarangan.

Temuan ini langsung menjadi perhatian kabupaten, karena ada dua anak yang kulitnya terbakar setelah terkena limbah berupa abu panas. Salah satu korban bernama Ahmad Dani siswa kelas 5 SDN Sumberagung 1 kabarnya dirujuk ke RS Surabaya untuk mendapat perawatan lanjutan.

Sembari menunggu hasil uji lab material, aparat kepolisian juga masih melakukan penyelidikan terkait asal muasal limbah diduga B3 itu, dan siapa oknum yang sengaja mencelakakan warga dengan limbah.

"Kami akan usut siapa oknum pelakunya," janji Kapolsek Plumpang, AKP. Budi Friyanto.

Keberadaan limbah abu panas di wilayahnya dibenarkan Kepala Desa Sumberagung, Sunarto. Data terakhir, buangan limbah tersebar di tiga titik. Dua di Dusun Sundulan dekat pemukiman, dan satu gundukan limbah di Dusun Ngembes sekitar hutan.

Pemdes mengaku tidak tahu menahu siapa oknum yang sengaja membuang limbah abu panas di wilayahnya. Waktu pembuangannya pun juga masih jadi teka-teki, karena tidak ada satupun warga yang mengetahui.

"Kalau warga tidak ada yang tahu. Diprakirakan buangnya malam hari," tandas Sunarto yang ditemui di balai desa. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : abu panas, limbah, limbah abu, lingkungan



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more