14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   15:00 . Razia Warung, Satpol PP Amankan Puluhan Botol Miras   |   14:00 . Hari Ini, Listrik di Wilayah Tuban Bagian Timur Padam   |   10:00 . Tiger Guard Dropping Air Bersih   |   09:00 . Hadapi Industri 4.0 Karang Taruna Bangilan Gelar Internet Merketing Digipreneurship   |   08:00 . Setiajit: Pelayanan Publik Harusnya Dihadirkan di Car Free Day¬†   |   07:00 . Ciri-Ciri Paru-Paru Basah dan Cara Mencegahnya   |   13:00 . Inilah Maksud 9 Bhakti Bagi Jawa Timur   |   12:00 . 11 Kecamatan Sudah Ada Taman Baca   |   11:00 . Bupati Tuban Minta ASN Ikut Jaga Stabilitas Keamanan   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 21 September 2019 11:00

Launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

4 Skema Pendanaan BPJS Ketenagakerjaan di Socorejo yang Sulit Diikuti Desa Lain

4 Skema Pendanaan BPJS Ketenagakerjaan di Socorejo yang Sulit Diikuti Desa Lain

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Desa Socorejo, Kecamatan Jenu pada Sabtu (21/9/2019) diresmikan menjadi desa sadar BPJS Ketenagakerjaan. Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi perwakilan BPJS Ketenagakerjaan dan tamu undangan lain berkesempatan meresmikan desa yang memiliki penduduk lebih dari 4.000 jiwa.

Kepala Desa Socorejo Arief Rahman Hakim menjelaskan, asuransi ini program baik yang bertujuan melindungi jiwa raga masyarakat. Adapun premi asuransi yang dibayar tiap bulan sebesar Rp16.800 per orang. Asuransi ini sudah memgvover kecelakaan kerja, maupun santunan kematian.

Sesuai program yang dicanangkan Bupati, program ini bisa mengurangi kemiskinan. Tahun ini ditarget ada 3.000 jiwa yang diasuransikan. Pemerintah desa bersyukur atas partisipasi dari PT SI, Silog, IKSG, KIT dan lainnya yang membantu 300 jiwa dibiayai perusahaan.

"Diharapkan partisipasi perusahaan dari tahun ke tahun bisa meningkat," kata Arief ketika dikonfirmasi blokTuban.com.

Kades di pesisir Pantura itu menambahkan, selain dibantu oleh perusahaan, BPJS juga dijalankan dengan inovasi bank sampah. Masyarakat diberdayakan untuk memilah sampah, untuk dijual kemudian uanganya dipakai bayar asuransi. Di samping itu ada hasil laut untuk bayar asuransi bagi nelayan.

Skema terakhir asuransi dibayarkan melalui program Anak Mengabdi. Yakni setiap anak yang bekerja di perusahaan, wajib membiayai satu jiwa orang tuanya.

"Istilahnya anak bisa mikul duwur mendem jero," terang alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Mendengar empat skema pendanaan asuransi BPJS, Bupati Tuban terkagum. Inovasi di Socorejo luar biasa, karena pentingginya muda dan berani. Desa di wilayahnya saat ini dituntut menjadi mandiri.

"Saya bersyukur dan bangga Kades Socorejo inovasinya banyak sekali," sambung Bupati dua periode itu.

Tokoh karismatik NU ini mendorong semua desa untuk terus berinovasi. Tanpa terobosan Tuban akan sulit berkembang. Bupati tidak bisa apa-apa tanpa camat, begitupula camat harus didorong Kades dan terakhir partisipasi masyarakat sangat diharapkan. [ali/rom]

Tag : desa socorejo, bpjs, desa sadar bpjs, desa inovatif

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more