14:00 . Anggota Polsek Senori Bantu Ibu-Ibu Pencari Kayu Bakar   |   13:00 . Warga Rangel Temukan Ular Sanca Kembang di Pinggir Jalan   |   11:00 . Pertamina EP Raih 23 Penghargaan di Ajang HSSE Award 2020   |   10:00 . Awali 2020, Pertamina EP Genjot Produksi   |   09:00 . Pertamina Group Jadi Mitra Terbaik PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina Mulai Bayar Lahan untuk Kilang, Pengamat: Kesempatan Warga Melipatgandakan Aset   |   07:00 . Anak Balita Tidak Mau Tidur Siang, Orang Tua Harus Bagaimana?   |   06:00 . Suami Mendekam di Penjara, Istri Jualan Narkoba?   |   23:00 . Diduga Hina Bupati, Akun Fb Ini Dilaporkan Polisi   |   22:00 . Kreatif, Sulap Limbah Plastik Jadi Pengganti Batu Bata   |   21:00 . Tega, Residivis Ini Jebloskan Anaknya Ke Penjara   |   20:00 . Ingin Ringankan Hukuman Suami, Istri Nekat Edarkan Sabu   |   19:30 . Lubang Jalan Nasional Ditambal Sebelum Lebaran   |   19:00 . Berikut, Harga Emas Antam dan USB di Pegadaian   |   18:00 . ExxonMobil bersama Kopernik Luncurkan Program Ibu Inspirasi   |  
Fri, 28 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 19 September 2019 18:00

Indonesia Dilanda Karhutla, 120 Pelajar Tuban Sholat Minta Hujan

Indonesia Dilanda Karhutla, 120 Pelajar Tuban Sholat Minta Hujan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Negara Indonesia sedang dilanda bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pukul 09.00 WIB, Rabu (18/9), titik panas (hotspot) masih terdeteksi di enam provinsi, yakni Riau sebanyak 388 titik panas, Jambi 555 titik panas, Sumatera Selatan 482 titik panas.

Kemudian Kalimantan Barat 346 titik panas, Kalimantan Tengah 281 titik panas, serta Kalimantan Selatan 105 titik panas. Total seluruh luas lahan seluruh Indonesia yang terbakar sekitar 328.724 hektare terhitung Januari-Agustus 2019. Presiden Joko Widodo sendiri sudah turun ke lapangan meninjau penanganan karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa, (17/9/2019).

Ia memantau langsung aktivitas para petugas menjinakkan si jago merah. Menyikapi hal itu, 120 pelajar di Pondok Pesantren Ash Shomadiyah Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar sholat istiqo atau minta hujan kepada Allah Yang Maha Esa (YME), Kamis (19/9/2019).

Sholat minta hujan ini dilakukan sebagai wujud cinta tanah air, supaya wilayah yang terjadi Karhutla lekas padam. "Pertama pembelajaran dan kedua anak didik disini kami ajari untuk cinta tanah air," kata salah satu guru di Ash Shomadiyah, M. Syaifullah.

Syaifullah menegaskan, saat ini negara kita sedang diuji dengan Karhutla. Sebagai bentuk empati, pemuda di Tuban menilai penting untuk cinta tanah air yang diwujudkan dengan sholat minta hujan.

Ash Shomadiyah sendiri memiliki harapan untuk negeri. Beberapa waktu lalu negara telah dilanda separatisme, yaitu anak bangsa diuji keberagaman maka harapannya mari kita eratkan meski beda ras, agama tapi masih dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan adanya Karhutla semua elemen bangsa harus bersatu. Jangan setelah ada bencana, baru meras satu kesatuan. Kita ada dalam bingkai NKRI," bebernya.

Sekedar diketahui, Sholat Istisqo yang terdiri dua rokaat dilanjutkan khutbah tersebut berlangsung tak lebih 30 menit. Ada empat baris pelajar, meliputi dua putra dan dua putri di halaman Ash Shomadiyah. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Salat, hujan, tuban



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more