20:00 . Penuhi Nazar, Kader IPNU Kota Surabaya Jalan Kaki ke Jakarta   |   18:00 . Setiajit Bakal Bantu Sumur Petani Klengkeng Sugihan   |   17:00 . Ini Dua Kecamatan yang Membutuhkan Droping Air Terbanyak   |   16:00 . ExxonMobil Suplai Minyak Mentah Domestik ke Pertamina   |   15:00 . Musim Kemarau, 25 Desa Kesulitan Air Bersih   |   14:00 . Kondisi Tuban Terkini Pasca Gempa   |   13:00 . BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi   |   12:00 . Ikan Naik ke Darat Pasca Gempa? Cek Faktanya   |   11:00 . Begini Cara Nelayan Tuban Tangkal Berita Hoaks   |   10:00 . Gempa 6.0 SR Guncang Tuban Bumi Wali   |   09:00 . Siswa Kelas 2 SD Daftar Umroh   |   08:00 . SI Sabet Tiga Penghargaan dari Alpha Southeast Asia   |   07:00 . Gizi Baik Anak: Faktor, Kriteria, dan Solusinya   |   06:00 . Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kedungsoko Terbakar   |   22:00 . Kemenag Tuban Teken MoU dengan Pemdes Banyuurip   |  
Sat, 21 September 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 10 September 2019 14:00

Ikuti Lomba Green & Clean, Begini Cara Hidup Warga Kelurahan Perbon

Ikuti Lomba Green & Clean, Begini Cara Hidup Warga Kelurahan Perbon

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk mengikuti Lomba Green & Clean di Kabupaten Tuban, RW 08 Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban telah bekerja keras. Dimana 70 persen fokusnya pada lingkungan yang sehat dimulai dari rumah masing-masing warga.

RW 08 Kelurahan Perbon yang terletak di Perumahan Permata Bonang memiliki 4 RT. Masing-masing RT sudah pernah juara Lomba Bank Sampah tingkat Kabupaten Tuban berturut-turut selama 4 tahun, dan juara Lomba Kampung Indah Berseri (KIB) juga berturut-turut selama 4 tahun.

Jika selama ini 70 persen kedua lomba tersebut terfokus pada lingkungan hijau, bersih, indah dan rapi serta sistem pengelolaan sampah organik / unorganik dengan benar di dukung aktifnya bank sampah di masing-masing RT, kali ini RW 08 kelurahan Perbon mengikuti Lomba Green and Clean fokusnya berbeda.

Ada lima fokus lingkungan sehat di antaranya, setiap rumah harus memaksimalkan lahan yang dimilikinya dengan tanaman sayur, buah dan toga. Setiap rumah memiliki peliharaan ikan, ayam atau burung puyuh sebagai sumber protein keluarga.

Rumah sehat, bersih dan bebas jentik nyamuk dengan pengelolaan jamban dan sanitasi yang benar. Setiap hari setiap keluarga sudah mengkonsumsi sayur dan buah. Terakhir menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, indah dan hijau.

Ketua RW 08 Perbon, Taheran Sidik Prabowo mengharapkan agar lomba green and clean ini dapat melengkapi sistem management hidup sehat dilingkungan perumahan yang dimulai dari kesadaran setiap warga. Melalui kesadaran HATINYA ( Hijau, Asri, Tertib, Indah dan Nyaman ).

Jika selama ini peran serta warga terfokus pada penataan lingkungan, maka lomba ini dapat menyadarkan bahwa hidup sehat itu dimulai dari setiap rumah warga dengan melengkapi setiap rumah mereka untuk menanam sayur, buah, toga meskipun dengan melakukan rekayasa sistem tanam di lahan yang sempit.

Lomba Green and Clean ini dimotori oleh pergerakan Ibu-ibu PKK mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan bahkan dihadiri langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kab. Tuban, Qodriyah Fathul Huda yang dalam kesempatan tersebut telah menyerahkan bibit tanaman sayur dan buah untuk ditanam oleh warga dilingkungan RW 08 Permata Bonang Kelurahan Perbon Tuban.

"Dalam kesempatan tersebut hadir pula Kepala Kelurahan Perbon beserta Ibu, Kepala Kecamatan Tuban beserta Ibu," tutup Taheran. [ali/col]

 

 

Tag : LOMBA, LINGKUNGAN

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more