Setiajit: Tuban Harus Bangun Infrastruktur Maritim Berupa Pelabuhan Nasional

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Setiajit pada Minggu (8/9/2019) telah mengambil formulir pendaftaran Calon Bupati Tuban di Pilkada 2020. Setiajit maju lagi setelah di Pilkada Tuban tahun 2011 menduduki peringkat tiga, atau kalah dari pasangan Huda-Noor.

Kepada Reporter blokTuban.com, Setiajit menawarkan beberapa program untuk Tuban lebih baik. Diantaranya membangun infrastruktur yang lebih bagus lagi. Infrastruktur yang dimaksud bukan sekedar jalan, melainkan pelabuhan dan lainnya.

Contohnya Tuban akan membangun sebuah industrialisasi. Saat ini setiap perusahaan telah membangun pelabuhan yang kecil-kecil. Menurutnya akan lebih bagus jika ada kawasan industri yang di dalamnya ada pelabuhan setingkat nasional.

"Dengan memiliki pelabuhan itu, lalu Tuban menjadi penyangga Pelabuhan Tanjung Perak maupun Teluk Lamong dan dipakai sebagai pelabuhan internasional juga," kata pria kelahiran Tuban ini.

Saat ini di Kabupaten Tuban telah ada beberapa pelabuhan kecil pendukung operasional perusahaan PT Semen Indonesia, PT TPPI, dan PLTU Tanjung Awar-awar.

Ada sebuah Kawasan Industri Tuban (KIT) di Kecamatan Jenu, Tuban, tapi sampai saat ini kawasan yang dikelola PT KIG belum memiliki fasilitas pendukung pelabuhan skala nasional maupun internasional. [ali/col]