Berbekal 6,6 Persen suara Pilkada 2011 Setiajit Siap Maju Lagi

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Tidak ada kata kapok untuk mengabdi. Itulah yang ada disampaikan Setiajit SH, MM. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut menyatakan siap maju lagi dalam pilkada Tuban tahun depan.

Pernah menduduki peringkat ketiga dalam pilkada 2011 silam, membuat putra asli Tuban ini berharap bisa berbuat yang lebih baik untuk Kabupaten Tuban. 

Jika dia diamanahi untuk mempimpin Tuban akan dikerahkan segala kemampuannya untuk memajukan Bumi Wali.

‘’Karena itu, saya hari ini mengambil formulir pendaftaran sebagai calon bupati dari PDIP,’’ ujar Setiajit, saat berada di kantor DPC PDIP Tuban, Minggu (8/9/2019).

Kedatagan Setiajit di secretariat DPC PDIP Tuban diiringi puluhan pendukungnya yang memakai atribut merah-merah. Sedangkan Setiajit sendiri tampil santai dengan bercelana jins dan batik lengan pendek.

‘’Saya berharap bisa berangkat dari PDIP,’’ katanya.

Tiba di kantor DPC PDIP sekitar jam 10.00, Setiajit dan rombongan di sambut sejumlah petinggi partai berlambang Banteng Moncong putih tersebut. Di antaranya adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Sandi, sekretaris DPC PDIP Tulis Setyo serta Kusmen fungsionaris DPC PDIP lainnya.

Bahkan, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari PDIP Go Tjong Ping juga ikut menyambut langsung. Di hadapan pada petinggi PDIP Tuban itu, Setiajit menyampaikan niatnya untuk mencalonkan diri.

Ketua Bapilu DPC PDIP Tuban Sandi mengatakan, sesuai mekanisme, pencalonan pasangan calon dari partainya melalui beberapa tahapan yang dimulai dari penjaringan. Sebelum nanti mengerucut pada calon yang akan diberangkatkan.

‘’DPC hanya bersifat administratif saja. Penjaringan bisa dilakukan melalui DPC, DPD dan DPP, prosesnya sama,’’ jelas dia.

Hanya, lanjut Sandi, PDIP hanya memiliki 5 kursi di DPRD, sehingga belum bisa mencalonkan sendiri. Sehingga Setiajit diminta mencari tambahan dukungan sampai terpenuhi syarat dukungan bagi calon.

‘’Jadi, monggo nanti silakan berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk menambah dukungan,’’ pinta pria asal Jatirogo tersebut.

Menanggapi itu, Setiajit menyatakan sudah menjalin komunikasi dengan partai lain. Dia mengatakan, tekatnya kuat untuk menambah daya lejit Tuban agar menjadi semakin baik.

‘’Yang sudah dilakukan bupati terdahulu, Bu Haeni da Pak Huda sudah bagus. Jika diamanahi memimpin nanti akan kita jadikan menjadi semakin bagus,’’ tandasnya.

Usai dari kantor DPC PDIP, Setiajit ramah tamah dan diskusi dengan wartawan di Tuban. Dia kulonuwun dan meminta doa dan dukungan agar upayanya untuk membuat Tuban lebih maju dengan menjadi bupati bisa lancar.

Sekadar diketahui pada pilkada 2011 silam, Setiajit berpasangan dengan Bambang Soehariyanto. Pasangan ini meraih 44.854 suara atau 6,61 persen. [ono]