20:00 . Penuhi Nazar, Kader IPNU Kota Surabaya Jalan Kaki ke Jakarta   |   18:00 . Setiajit Bakal Bantu Sumur Petani Klengkeng Sugihan   |   17:00 . Ini Dua Kecamatan yang Membutuhkan Droping Air Terbanyak   |   16:00 . ExxonMobil Suplai Minyak Mentah Domestik ke Pertamina   |   15:00 . Musim Kemarau, 25 Desa Kesulitan Air Bersih   |   14:00 . Kondisi Tuban Terkini Pasca Gempa   |   13:00 . BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi   |   12:00 . Ikan Naik ke Darat Pasca Gempa? Cek Faktanya   |   11:00 . Begini Cara Nelayan Tuban Tangkal Berita Hoaks   |   10:00 . Gempa 6.0 SR Guncang Tuban Bumi Wali   |   09:00 . Siswa Kelas 2 SD Daftar Umroh   |   08:00 . SI Sabet Tiga Penghargaan dari Alpha Southeast Asia   |   07:00 . Gizi Baik Anak: Faktor, Kriteria, dan Solusinya   |   06:00 . Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kedungsoko Terbakar   |   22:00 . Kemenag Tuban Teken MoU dengan Pemdes Banyuurip   |  
Sat, 21 September 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 08 September 2019 18:00

Bangun Industri Benih Jagung Hibrida di Tuban ini Luas Lahan yang Dibutuhkan Kementan RI

Bangun Industri Benih Jagung Hibrida di Tuban ini Luas Lahan yang Dibutuhkan Kementan RI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) bakal mengembangkan industri benih jagung hibrida di daerah Kabupaten Tuban. Adapun lahan yang dibutuhkan kurang lebih 600 hektare.

Dalam kunjungannya di Tuban, Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, Suwandi mengatakan hampir semua wilayah di Jawa Timur itu sangat berpotensi untuk dikembangkan sektor industri pertaniannya. Khususnya jagung untuk di Kabupaten Tuban ini.

Kontribusi ekonomi hasil panen jagung di Tuban saja itu mencapai 2,6 triliun rupiah, itu belum termasuk tanaman yang lain. Hal yang menarik di Tuban tadi sudah kita bangun petani-petaninya agar tidak menanam jagung dalam arti produksi konsumsi, tapi dijadikan benih.

"Di awal ini tadi kita coba kembangkan 80 hektar lahan dulu untuk produksi benih jagung. Ke depan targetnya kita ada 600 lebih hektar lahan," katanya.

Secara ekonomis sektor industri benih jagung itu lebih menguntungkan petani. Karena keuntungannya jauh lebih tinggi dibandingkan jagung produksi konsumsi.

Saat ini industri perbenihan sedang tumbuh bagus di Jatim. Bahkan untuk produksi benih jagung Nasional, 90 persennya itu diproduksi di Jatim, karena itu kita kembangkan juga di Tuban.

Kabupaten Tuban memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Lebih dari 162 ribu hektare yang terdiri lahan sawah 56 ribu hektare dan kawasan pertanian bukan sawah 105 ribu hektare. Sesuai dengan komitmen Bupati, ada penambahan luas lahan sawah menjadi 75 ribu hektare. Dari luas lahan tersebut, di semester I 2019 produksi jagung lebih besar yaitu 476.239 Ton atau 90,4 persen dari target.

"Realisasi produksi jagung tersebut terhitung mulai Januari sampai bulan Juni 2019," terang Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji terpisah.

Target produksi tahun ini untuk jagung 526.996 Ton. Adapun produksi jagung pada 2016 sekitar 525 ribu ton. Lalu naik menjadi 606 ribu ton di 2017, dan 628 ribu ton di 2018.

Pada 2018 silam, Tuban mampu mencapai peningkatan luas tanam jagung tertinggi tingkat nasional, dan dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), sejak 2017 ketahanan pangan di Tuban sudah tercapai. [ali/ito]

Tag : kementrian, ri, tuban, lahan, jagung, industri

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more