13:00 . Antisipasi Covid-19, Desa Gununganyar Terapkan Physical Distancing   |   12:00 . Nelayan Ojek Laut Semprot Disinfektan Mandiri   |   11:00 . Ada Lima PDP di Tuban, Salah Satunya Anggota DPRD   |   10:00 . Pertamina EP Asset 4 Sosialisasikan Protokoler Covid 19   |   09:00 . Relawan Setiajit Bersama Warga Gotong Royong Lawan Covid-19   |   08:00 . Tolak Balak: Tasyakuran Bubur Merah Putih Ala Desa Mojoagung   |   07:00 . Ini Cara Perkuat Imunitas Tubuh Saat Pandemi Corona   |   20:00 . Jalan KH. Ahmad Dahlan Tuban Jadi Kawasan Physical Distancing   |   14:00 . Optimis Tangkal Virus, Bangunrejo Semprot Lingkungan Desa   |   13:00 . Nelayan Palang Urung Pergi Miyang   |   12:00 . Kabar Baik, Satu PDP Pulang dari RSUD Tuban Negatif Covid-19   |   11:00 . Kapolres Tuban Sosialisasikan Physical Distancing di Perumahan   |   10:00 . Konsleting Pada Sepeda Motor, SPBU di Merakurak Terbakar   |   09:00 . Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dishub Tutup Sementara Uji Kendaraan Bermotor   |   08:00 . Krisis Masker, Santri Bikin Masker Sendiri   |  
Mon, 30 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 08 September 2019 18:00

Bangun Industri Benih Jagung Hibrida di Tuban ini Luas Lahan yang Dibutuhkan Kementan RI

Bangun Industri Benih Jagung Hibrida di Tuban ini Luas Lahan yang Dibutuhkan Kementan RI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) bakal mengembangkan industri benih jagung hibrida di daerah Kabupaten Tuban. Adapun lahan yang dibutuhkan kurang lebih 600 hektare.

Dalam kunjungannya di Tuban, Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI, Suwandi mengatakan hampir semua wilayah di Jawa Timur itu sangat berpotensi untuk dikembangkan sektor industri pertaniannya. Khususnya jagung untuk di Kabupaten Tuban ini.

Kontribusi ekonomi hasil panen jagung di Tuban saja itu mencapai 2,6 triliun rupiah, itu belum termasuk tanaman yang lain. Hal yang menarik di Tuban tadi sudah kita bangun petani-petaninya agar tidak menanam jagung dalam arti produksi konsumsi, tapi dijadikan benih.

"Di awal ini tadi kita coba kembangkan 80 hektar lahan dulu untuk produksi benih jagung. Ke depan targetnya kita ada 600 lebih hektar lahan," katanya.

Secara ekonomis sektor industri benih jagung itu lebih menguntungkan petani. Karena keuntungannya jauh lebih tinggi dibandingkan jagung produksi konsumsi.

Saat ini industri perbenihan sedang tumbuh bagus di Jatim. Bahkan untuk produksi benih jagung Nasional, 90 persennya itu diproduksi di Jatim, karena itu kita kembangkan juga di Tuban.

Kabupaten Tuban memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Lebih dari 162 ribu hektare yang terdiri lahan sawah 56 ribu hektare dan kawasan pertanian bukan sawah 105 ribu hektare. Sesuai dengan komitmen Bupati, ada penambahan luas lahan sawah menjadi 75 ribu hektare. Dari luas lahan tersebut, di semester I 2019 produksi jagung lebih besar yaitu 476.239 Ton atau 90,4 persen dari target.

"Realisasi produksi jagung tersebut terhitung mulai Januari sampai bulan Juni 2019," terang Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji terpisah.

Target produksi tahun ini untuk jagung 526.996 Ton. Adapun produksi jagung pada 2016 sekitar 525 ribu ton. Lalu naik menjadi 606 ribu ton di 2017, dan 628 ribu ton di 2018.

Pada 2018 silam, Tuban mampu mencapai peningkatan luas tanam jagung tertinggi tingkat nasional, dan dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), sejak 2017 ketahanan pangan di Tuban sudah tercapai. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kementrian, ri, tuban, lahan, jagung, industri



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more