13 Poskamling  Rayung Lomba Inovasi Bhabinkamtibmas

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka Gerakan Peduli Lingkungan Inovasi Bhabinkamtibmas Polsek Senori, 13 Pos Kamling yang ada di Desa Rayung, Kecamatan Senori berhias mempersiapkan segala kelengkapan keamanan lingkungan untuk dilombakan.

Giat lomba yang diserukan dalam balutan rangkaian Hari Bhayangkara ke-73, serta peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 ini dibuka pada titik awal Pos 1 Dusun Kedungkebo, Desa Rayung.

Pada Pos 1, Kepala Desa Rayung saat membuka acara mengungkapkan bahwa desa ini ditunjuk dari Polsek Senori dan Polres Tuban, sebab wilayahnya dinilai paling aman, sangat kondusif dan damai.

"Adanya Pos, mari dijaga lingkungan ini supaya aman. Apalagi era milenial saat ini harus serba waspada," kata Sutomo Kepala Desa (Kades) Rayung, Sabtu (7/9/2019) malam.

Selain itu, sambungnya, ada pengaduan Pos 24 jam yang mana Babinsa, Bhabinkamtibmas, maupun BPD siap melayani aduan masyarakat.

Kades juga berpesan, agar masyarakat tidak menyalahgunakan fungsi pos. Jangan ada judi, jangan minum-minuman keras, namun berjaga demi keamanan lingkungan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada warga, ketua RT, pemuda, serta masyarakat yang telah berpartisipasi demi kemajuan desa," tuturnya.

Kapolsek Senori, AKP Musa Bachtiar yang datang meninjau setiap lokasi Pos bersama anggota dari Polres Tuban, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada warga Kedungkebo, untuk menyemarakkan, menyambut lomba ini.

"Jangan hanya sekadar acara belaka, tapi pos kamling perlu diaktifkan kembali. Siapa yang peduli kepada lingkungan sekitar, kalau bukan kita sendiri," tegas Kapolsek Senori kepada masyarakat.

Pihaknya juga menegaskan, hal ini bertujuan untuk menggelorakan Gerakan Peduli Lingkungan. Salah satunya aktif pada giat pos ronda.

Besar harapannya, masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri serta bagi lingkungan sekitar. Sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban lingkungan terus terjaga.

"Mari kita kerjasama, menciptakan wilayah aman dan kondusif," seru AKP Musa Bachtiar.

Sementara itu, dari perwakilan Polres Tuban menjelaskan tentang bagaimana skema Pos Kamling. Pos Kavling adalah bentuk rumah kecil, untuk melaksanakan tugas keamanan lingkungan. Yang mana di dalamnya ada perlengkapan, dan kelengkapan alat untuk digunakan petugas Kamling menggunakan.

Pasca pembukaan acara, rombongan dari Pemdes Rayung, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Senori, dan Tim Juri Polres Tuban bergegas meninjau lokasi Pos Kamling satu per satu.

Dari 13 Pos Kamling, semua memiliki konsep dan tema yang menarik. Seperti yang tampak di Pos 1 Kedungkebo, dengan tema keamanan lingkungan yang dijaga para pendekar silat, lengkap dengan pertunjukan seni, Pos 10 Giwang dengan simulasi kebanjiran, juga pos-pos lain dengan simulasi kemalangan dan lainnya. [feb/col]