Pertamina EP Terapkan Tanjung Polymer Field Trial

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber minyak dan gas untuk mendukung pencapaian target yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung pencapaian target produksi tersebut, PT Pertamina EP mempunyai berbagai strategi, antara lain adalah penerapan metode EOR atau Enhanced Oil Recovery.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf dalam ajang The 43rd IPA (Indonesian Petroleum Association) Convention and Exhibition di Jakarta Convention Centre.

“Pengembangan lapangan minyak akan selalu melalui 3 tahapan yaitu primary, secondary, dan tertiary," terangnya dalam siaran pers yang diterima blokTuban.com, Jumat (6/9/2019).

Lapangan-lapangan Pertamina EP telah melalui proses primary dan sekarang sedang menuju proses secondary dan tertiary. Dengan minyak tersisa sebesar 8.2 BSTB, implementasi pattern waterflood dan EOR akan mengoptimalkan produksi minyak dan penambahan cadangan.

Nanang menjelaskan, bahwa Pertamina EP telah memulai implementasi chemical EOR berupa polymer di Lapangan Tanjung pada bulan Desember 2018, setelah sebelumnya melakukan kajian pada tahun 2016 dengan bantuan pakar-pakar dari Institut Teknologi Bandung.

Teknologi injeksi polymer merupakan teknologi yang telah terbukti dan telah diimplentasi lebih dari 30 tahun di berbagai lapangan minyak di dunia dengan rata-rata peningkatan Recovery Factor (RF) sebesar 5-10% terhadap OOIP.

“Pertamina EP sangat optimis melakukan waterflood dan EOR," jelas Nanang.

Berdasarkan perkiraan produksi, produksi kumulatif minyak diharapkan sebesar 245 MMSTB melalui waterflood dengan puncak produksi sebesar 60,000 bopd pada tahun 2026, sedangkan tahap tertiary akan menghasilkan produksi kumulatif sebesar 133 MMSTB dengan puncak produksi sebesar 30,000 bopd pada tahun 2030.

Dalam 5 tahun terakhir, ada beberapa lapangan di dunia yang sudah melakukan proyek polymer flooding diantaranya adalah Venezuela (2017), Brazil (2017), dan Suriname (2014-2016). Di Indonesia, terdapat 4 KKKS yang sudah menerapkan chemical EOR yaitu Chevron, Medco, CNOOC, dan Pertamina.

Dalam waktu 5 tahun kedepan, Pertamina EP akan melakukan pilot dan full scale chemical EOR di 5 struktur, yaitu Tanjung, Sago, Rantau, Jirak dan Limau, dan CO2 flooding di 3 struktur, yaitu Sukowati, Jatibarang dan Ramba.

Project Tanjung Polymer Field Trial di Lapangan Tanjung ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi Lapangan Tanjung melalui tahap secondary recovery, dari optimisasi waterflood serta tertiary recovery dengan teknologi chemical EOR baik dari fase pilot maupun full scale.

Adanya optimisasi waterflood diproyeksikan mampu menaikkan recovery factor lapangan Tanjung dari 24,05% menjadi 27,25% pada tahun 2035.

Sedangkan untuk injeksi polymer di Pattern 12 Lapangan Tanjung, diharapkan diperoleh oil gain sampai dengan 45 MSTB pada 2021 dan penurunan water cut sumur-sumur monitor sebesar 5%. Desain injeksi dibuat dengan kebutuhan polymer sebanyak 70 ton, volume larutan polymer yang diinjeksikan adalah 200 ribu barrel dengan konsentrasi 2000 ppm dan laju injeksi sebesar 1000 barrel per hari.

Tanjung Field dipilih dengan menggunakan polymer karena karakter low recovery factor dan high level dari cadangan heterogen. Saat ini Tanjung Polymer Field Trial telah memasuki fase ketiga.

“Diharapkan dengan adanya Polymer ini , dalam jangka waktu dua tahun akan dapat diperoleh penambahan minyak sebesar 45.000 BOPD," harap Nanang. [ali/rom]