19:00 . Kerjasama Kartarcam Soko Bareng Forkopimka Cegah Bahaya Corona   |   18:00 . Anggaran Reses dan Kunker DPRD Dialihkan untuk Pencegahan Covid-19   |   17:00 . GM Pertamina EP Asset 4 Pastikan CPP Gundih Aman   |   16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |  
Fri, 10 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 05 September 2019 14:00

Ngelas di Tempat Pemotongan Kayu, Si Jago Merah Beraksi

Ngelas di Tempat Pemotongan Kayu, Si Jago Merah Beraksi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sedari pagi karyawan tempat pemotongan kayu milik Budi Waluyo di Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban sedang mengelas meja besi. Mengelas di tengah tumpukan kayu jati sangat berisiko. Percikan api kapanpun bisa menimbulkan kebakaran.

Budi Waluyo tetap mengizinkan aktifitas ngelas, karena meja besi tidak memungkinkan untuk dikeluarkan dari lokasi kerja. Kegiatan itu selesai tepat pukul 12.00 WIB, dan seluruh karyawan istirahat dan meninggalkan lokasi kerja, Kamis (5/9/2019).

Sekitar pukul 12.30 WIB, Budi terkaget saat dikabari tetangga di belakang rumahnya kalau ada asap di tempat pemotongan kayunya. Seketika itu, meja besi yang dilas beserta serbuk kayu di sekitarnya disiram air.

Dia pun lalu meninggalkan lokasi, karena dirasa sudah aman. Tanpa sepengetahuannya dalam hitungan menit, asap semakin tebal dan api berkobar. Pukul 13.00 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerima telepon adanya kebakaran.

Dua armada mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan satu armada mobil tangki bergerak ke lokasi. Sembari menunggu kedatangan petugas, Budi bersama warga sekitar lebih dulu berupaya memadamkan api menggunakan ember. Beruntung air mudah didapat dari sungai kecil di sebelah barat lokasi.

Petugas tiba di lokasi. Warga yang sedari awal membantu dari pelbagai usia terus mengambil air secara estafet. Pemadaman api hingga pembasahan kayu memakan waktu 1 jam 30 menit. Tiga armada yang dikerahkan harus mengisi air untuk kedua kalinya.

"Awalnya percikan las kemudian mengenai serbuk kayu gergaji," ujar Budi ketika ditemui Reporter blokTuban.com di lokasi.

Budi bersama warga, petugas Damkar dan BPBD cukup kesulitan karena banyaknya tumpukan kayu di lokasi. Pembasahan tak cukup di permukaan kayu, tapi harus sampai ke dasar untuk menghindari kebakaran susulan.

Tak cukup membakar tumpukan kayu di bawah, atap pun ludes dan nyaris membakar rumah milik tetangga yang berdempetan dengan titik api. Mesin diesel milik Budi juga tak terselamatkan.

Tetangga Budi yang merasa khawatir, juga langsung ikut pemadaman. Berkali-kali menyiram air menggunakan ember dari lantai dua rumahnya. Selain itu, menjulurkan pipa paralon air untuk ikut membantu mempercepat pembasahan.

Karena penasaran, warga sekitar masih berjubel di lokasi. Budi juga bercerita jika kebakaran di tempat usahanya tercatat kedua kali. Kejadian awal berlangsung di tahun 2005. Waktu itu pemicunya puntung rokok yang mengenai serbuk kayu.

"Untuk jumlah kerugian dari kebakaran ini belum bisa dipastikan," imbuhnya.

Petugas Polsek Semanding juga belum bisa memastikan sumber utama dari kebakaran di sebelah barat Mapolseknya. Sembari menunggu pembasahan rampung, petugas masih proses mengumpulkan data. [ali/lis]

 

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kebakaran, rumah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more