17:00 . Gandeng Dinkes, Lapas Tuban Ingin Tingkatkan Status Klinik Lapas   |   16:00 . Bupati Tuban dan 125 ASN Dites Urine, Jika Pakai Narkoba Dipecat   |   15:00 . Bertemu Gubernur Jatim, Begini Komitmen Ketua DPD RI   |   14:00 . Bupati Target 1,3 Juta Penduduk Tuban Tersensus   |   12:00 . Dibekukan, PPDI Tuban Gelar Rapat Konsolidasi Pra Musdalub   |   11:00 . Pengangkatan Warga Kehormatan Gerindra Wewenang DPP   |   10:00 . Usai Observasi di Natuna, Ini Kisah Mahasiswa Tiongkok Asal Tuban   |   09:00 . 3 Desa di Kecamatan Jenu Bebas Buang Air Sembarangan   |   07:00 . 5 Kalimat yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Perempuan Jadi Insecure   |   16:00 . Usai Karantina di Natuna, Tiga Mahasiswa Asal Tuban Sampai di Kampung Halaman   |   15:00 . Kecelakaan Tunggal, Pemuda Kerek Meninggal Dunia   |   14:00 . Tantangan Industri Musik Kian Ketat, Produsen Musik Tuban Kini Rilis Lagu Lewat Sosmed   |   13:00 . Setiajit Jalan Sehat Bareng Belasan Ribu Warga   |   09:00 . Begini Kronologi Pemberhentian 29 Karyawan Versi PT Swabina Gatra   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |  
Mon, 17 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 05 September 2019 10:00

Lidah Anda Harus Coba Kuliner Godeh Pelu Asli Tuban

Lidah Anda Harus Coba Kuliner Godeh Pelu Asli Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - 2.500 bungkus Sego Lodeh Tempe Telu atau nasi dengan sayur lodeh lauk tempe tiga (Godeh Pelu), ludes diserbu masyarakat Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dan sekitarnya, Rabu (4/9/2019).

Festival Godeh Pelu di Lapangan Asoka Muda, Sokosari dibuka oleh Bupati Tuban, Fathul Huda.

Godeh Pelu adalah menu masakan atau kuliner populer di Sokosari Kecamatan Soko.

Bupati Huda mengatakan, festival Godeh Pelu memiliki tujuan yang bagus, selain menjunjung kuliner tradisional, juga membuka peluang ekonomi bagi warga.

"Tujuan untuk mempopulerkan Godeh Pelu akan membawa dampak domino, dan kalau sudah terkenal orang akan cari Godeh Pelu di sini," terang Bupati.

Masakan tradisional tidak akan pernah kalah dengan masakan modern. Bupati berani jamin, masakan tradisional itu tidak bisa bohong, lidah kita pasti cocok, jadi pilihan Godeh Pelu sangat tepat.

Terkait inovasi desa, kata Bupati merupakan sebuah keharusan yang harus dicapai untuk kemajuan kabupaten. Festival ini sudah termasuk inovasi yang bagus, kuatkan lagi.

"Saya pesan untuk semua kepala desa dan Camat juga berinovasi," pinta Bupati dua periode ini.

Kepala Desa Sokosari Edi Purnomo mengatakan, Festival Kuliner Godeh Pelu dipilih dengan maksud agar menu masakan tersebut menjadi ikon kuliner Kecamatan Soko, khususnya Desa Sokosari sebagai Ibu kota kecamatan.

"Nanti taman Lapangan Asoka Muda Sokosari akan tumbuh banyak pedagang Godeh Pelu layaknya Sego Boran di Lamongan," harapnya.

Festival dibuka dengan ditandai pertunjukan kembang api, dilanjutkan dengan makan bersama Godeh Pelu. Ribuan masyarakat yang memenuhi Lapangan Taman Lamongan Asoka Muda bersama menyantap 2.500 bungkus Godeh Pelu yang telah disiapkan oleh panitia.

Sebagai hiburan diakhir acara ditampilkan Campursari dan Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan dalang Ki Minto Sudarsono dari Kabupaten Tulungagung yang mengangkat cerita werkudoro dadi kuru. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : gudeh pelu, festival gudeh pelu



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more