20:00 . Penuhi Nazar, Kader IPNU Kota Surabaya Jalan Kaki ke Jakarta   |   18:00 . Setiajit Bakal Bantu Sumur Petani Klengkeng Sugihan   |   17:00 . Ini Dua Kecamatan yang Membutuhkan Droping Air Terbanyak   |   16:00 . ExxonMobil Suplai Minyak Mentah Domestik ke Pertamina   |   15:00 . Musim Kemarau, 25 Desa Kesulitan Air Bersih   |   14:00 . Kondisi Tuban Terkini Pasca Gempa   |   13:00 . BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi   |   12:00 . Ikan Naik ke Darat Pasca Gempa? Cek Faktanya   |   11:00 . Begini Cara Nelayan Tuban Tangkal Berita Hoaks   |   10:00 . Gempa 6.0 SR Guncang Tuban Bumi Wali   |   09:00 . Siswa Kelas 2 SD Daftar Umroh   |   08:00 . SI Sabet Tiga Penghargaan dari Alpha Southeast Asia   |   07:00 . Gizi Baik Anak: Faktor, Kriteria, dan Solusinya   |   06:00 . Diduga Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kedungsoko Terbakar   |   22:00 . Kemenag Tuban Teken MoU dengan Pemdes Banyuurip   |  
Sat, 21 September 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 05 September 2019 10:00

Lidah Anda Harus Coba Kuliner Godeh Pelu Asli Tuban

Lidah Anda Harus Coba Kuliner Godeh Pelu Asli Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - 2.500 bungkus Sego Lodeh Tempe Telu atau nasi dengan sayur lodeh lauk tempe tiga (Godeh Pelu), ludes diserbu masyarakat Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban dan sekitarnya, Rabu (4/9/2019).

Festival Godeh Pelu di Lapangan Asoka Muda, Sokosari dibuka oleh Bupati Tuban, Fathul Huda.

Godeh Pelu adalah menu masakan atau kuliner populer di Sokosari Kecamatan Soko.

Bupati Huda mengatakan, festival Godeh Pelu memiliki tujuan yang bagus, selain menjunjung kuliner tradisional, juga membuka peluang ekonomi bagi warga.

"Tujuan untuk mempopulerkan Godeh Pelu akan membawa dampak domino, dan kalau sudah terkenal orang akan cari Godeh Pelu di sini," terang Bupati.

Masakan tradisional tidak akan pernah kalah dengan masakan modern. Bupati berani jamin, masakan tradisional itu tidak bisa bohong, lidah kita pasti cocok, jadi pilihan Godeh Pelu sangat tepat.

Terkait inovasi desa, kata Bupati merupakan sebuah keharusan yang harus dicapai untuk kemajuan kabupaten. Festival ini sudah termasuk inovasi yang bagus, kuatkan lagi.

"Saya pesan untuk semua kepala desa dan Camat juga berinovasi," pinta Bupati dua periode ini.

Kepala Desa Sokosari Edi Purnomo mengatakan, Festival Kuliner Godeh Pelu dipilih dengan maksud agar menu masakan tersebut menjadi ikon kuliner Kecamatan Soko, khususnya Desa Sokosari sebagai Ibu kota kecamatan.

"Nanti taman Lapangan Asoka Muda Sokosari akan tumbuh banyak pedagang Godeh Pelu layaknya Sego Boran di Lamongan," harapnya.

Festival dibuka dengan ditandai pertunjukan kembang api, dilanjutkan dengan makan bersama Godeh Pelu. Ribuan masyarakat yang memenuhi Lapangan Taman Lamongan Asoka Muda bersama menyantap 2.500 bungkus Godeh Pelu yang telah disiapkan oleh panitia.

Sebagai hiburan diakhir acara ditampilkan Campursari dan Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan dalang Ki Minto Sudarsono dari Kabupaten Tulungagung yang mengangkat cerita werkudoro dadi kuru. [ali/rom]

Tag : gudeh pelu, festival gudeh pelu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more