16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |   15:00 . Kabar Baik, Lima PDP di Tuban Sembuh Hasil Tes Negatif Covid-19   |   14:00 . DPRD Soroti Disinformasi Covid-19 dan Belum Cairnya Anggaran Gugus Kecamatan   |   13:00 . Rakor Persiapan Serapan DD Kecamatan Rengel , Rp 80 Juta Tanggulangi Covid   |  
Thu, 09 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 04 September 2019 16:00

Tingkatkan Pemanfaatan DD, 311 Desa di Tuban Ikutu BID

Tingkatkan Pemanfaatan DD, 311 Desa di Tuban Ikutu BID

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pada hari ini, Rabu (4/9/2019) 311 Desa di Kabupaten Tuban menggelar Bursa Inovasi Desa (BID). BID digelar di tiga Zona yang terdiri dari 20 kecamatan yang ada.

Diketahui, BID merupakan Program yang diinisiai oleh Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPMD) Taufik Madjid. BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa.

BID juga dimanfaatkan sebagai media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan desa. Sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD).

Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Tuban, Soesilo Hadi Irwanto mengatakan pasca BID Kepala Desa dapat mewujudkan komitmen dan idenya di tahun anggaran 2020. Pihaknya juga berujar sebagai TIK akan mengawal tuntas melalui Tim Program Inovasi Desa (TPID) Camat-camat di semua wilayah.

"Harapannya setelah BID, Kades bisa mewujudkan komitmen dan ide-ide dalam RPJMDes bagi yang baru dan RKP bagi Kades lama," ungkap Soesilo di lokasi BID Zona 3, Kampus Poltana Mapena, Singgahan, Tuban, Rabu siang.

Ditambahkan birokrat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, KB (DPMD-KB) itu, TIK akan memberikan pelatihan untuk membantu desa dalam realisasi ide dan komitmen. Sesuai prioritas pemerintah pusat ujarnya, lebih pada pemberdayaan masyarakat.

"Ke depan pelatihan sesuai tema akan kita adakan. Terutama penanganan Stunting dan Kewirausahaan desa," imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Koordinator Konsultan Pendamping Wilayah (KPW) IV Provinsi Jawa Timur, Andry Dewanto Ahmad mengapresiasi tim pelaksana BID Kabupaten Tuban. Pihaknya bisa memastikan jika kades serius dalam BID, akan mudah melakukan replikasi inovasi yang tersaji dalam BID.

Pihaknya juga menyayangkan, bagi Kades yang belum mengikuti BID. Andry mengklaim itu artinya (kades, red) belum bisa menghargai pemerintah pusat yang telah menggelontorkan dana desa selama ini.

"Dana Desa dan BID satu paket. Kades yang tidak datang berarti tidak serius menggunakan DD," tukasnya.

Perlu diketahui, BID di Tuban digelar di tiga Zona. Zona satu di Graha Sandiya, Jalan Raya Bogorejo No.58, Tuban. Zona dua di Kepohagung Plumpang, dan terakhir Zona tiga di kampus Poltana Mapena Singgahan Tuban. [rof/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bid, desa, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more