Perdana, Festival Godeh Pelu Soko Sajikan 2.500 Porsi untuk Warga

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - 2.500 porsi nasi lodeh, atau lebih dikenal dengan sebutan 'sego lodeh' oleh masyarakat Kabupaten Tuban, disedikan pada Festival Godeh Pelu (Sego Lodeh Tempe Telu) di Lapangan Desa Sokosari, Kecamatan Soko.

Acara yang digagas Pemerintah Kecamatan Soko bekerjasama dengan Karang Taruna Asoka Muda, Desa Sokosari ini, bertujuan memperkenalkan potensi kuliner lokal yang dimiliki oleh Kecamatan Soko.

Dalam rangka semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia ini pula, Festival Godeh Pelu diharapkan mampu menjadi sarana masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Soko, untuk mempertahankan kekhasan yang dimiliki Soko. Apalagi, Godeh Pelu telah dikenal oleh masyarakat. Baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban.

Ketua Panitia Festival Godeh Pelu, Didik Darmadi dalam sambutan acara mengungkapkan, betapa masyarakat Soko harus bangga dengan kuliner lokal, yakni Godeh Pelu yang dapat mengangkat citra Kecamatan Soko sebagai ikon makanan khas.

"Warga masyarakat Desa Sokosari, mampu menangkap peluang ketika sekarang sudah booming kan. Harapan kami, ciri khas dari kuliner yang ada di Soko salah satunya Godeh Pelu," paparnya, Rabu (4/9/2019) malam.

gudeh-pelu

Tak lupa, ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap pihak yang telah mensukseskan acara Festival Godeh Pelu yang diselenggarakan kali pertama ini. Support seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Soko, ibu-ibu PKK, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Soko, juga Pemerintah Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, Fathul Huda yang datang sekaligus membuka acara Festival Godeh Pelu, mengutarakan apresiasinya akan acara ini. Sebab, Festival Godeh Pelu dikemas dalam bentuk syakuran Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, lengkap dengan hiburan pentas wayang kulit.

"Selamat menikmati Godeh Pelu. Dan dengan ucapan Bismillahirrahmanirrah, Festival Godeh Pelu dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan yang ke-74, saya nyatakan dibuka," ujar Bupati membuka Festival Godeh Pelu, yang kemudian disambut dengan nyala kembang api yang membumbung ke langit.

Salah itu, Bupati bersama tamu undangan lain menikmati kuliner Godeh Pelu. Para pelapak yang menggelar stand, dengan total 2500 porsi Godeh Pelu segera diserbu ribuan masyarakat yang hadir dalam acara festival. [feb/rom]