Besok, Dishub Tuban Terapkan Parkir Gratis di Tepi Jalan Umum

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka acara puncak peringatan Haul ke-510 Sunan Bonang. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban akan menerapkan parkir gratis di tepi jalan umum. Penerapan parkir gratis tersebut akan diberlakukan khusus besok, Kamis (5/9/2019).

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dishub Kabupaten Tuban, Gunadi. Menurutnya dalam rangka acara puncak peringatan haul ke-510 Sunan Bonang besok, pihaknya akan menerapkan parkir gratis di tepi jalan umum baik untuk kendaraan roda dua, roda empat serta kendaraan dari Tuban maupun luar Tuban.

"Untuk parkir di tepi jalan umum, besok seluruhnya digratiskan," terang Gunadi saat dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (4/9/2019).

Meski diterapkannya parkir gratis di tepi jalan umum. Dishub Tuban juga tidak mengesampingkan kenyamanan masyarakat saat menghadiri acara haul. Pihaknya menegaskan tetap akan  mengerahkan Juru Parkir (Jukir) secara maksimal dengan prinsip Mangayu Bagyo alias Mendarat.

"Insya Allah kami tetap mengerahkan Jukir secara maksimal dengan prinsip Mangayu Bagyo alias mendarat dan bukan memanfaatkan untuk mencari kesempatan," tandas Gunadi.

Gunadi menegaskan, penerapan parkir gratis tersebut diberlakukan bagi kendaraan yang di parkir di jalan umum. Sedangkan untuk Gang, Jalan Lingkungan, maupun di area perorangan bukan merupakan kewenanganya.

"Untuk parkir di gang, halaman warga, dan lokasi lain (tidak di tepi jalan umum) kami serahkan kepada Pak Lurah untuk membantu mengkoordinasikan. Dengan catatan gang atau jalan lingkungan tidak terkunci dan tetap ada akses untuk lewat," pungkasnya.[hud/col]