16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |   15:00 . Kabar Baik, Lima PDP di Tuban Sembuh Hasil Tes Negatif Covid-19   |   14:00 . DPRD Soroti Disinformasi Covid-19 dan Belum Cairnya Anggaran Gugus Kecamatan   |   13:00 . Rakor Persiapan Serapan DD Kecamatan Rengel , Rp 80 Juta Tanggulangi Covid   |  
Thu, 09 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 02 September 2019 12:00

Ecodrain Diperluas di Jalan Sunan Kalijaga dan Teuku Umar

Ecodrain Diperluas di Jalan Sunan Kalijaga dan Teuku Umar *Foto ilustrasi insert.net

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Perbaikan drainase dengan sistem Ecodrain di Kabupaten Tuban, pada tahun 2019 di perluas di Jalan Sunan Kalijaga dan Teuku Umar. Konsep drainase yang menekankan sumur resapan ini, ditarget mampu mengurangi banjir saat hujan tiba.

"Eco drain di Jalan Sunan Kalijogo digarap CV Haji Haya," kata Kabid Air Minum dan Sanitasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban, Juli Wibowo ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (2/9/2019).

Di tahun yang sama, PRKP juga memiliki program pemeliharaan melalui rekanan CV Sinar Gemilang. Dari nilai pagu Rp150 juta, hasil negosiasinya tinggal Rp148,5 juta lebih.

Instansinya waktu itu dihadapkan pada pilihan yang sulit. Drainase yang dimiliki Pemkab Tuban, sudah tidak cukup lagi menampung air dari permukaan. Diterapkannya ekodrainase atau drainase ramah lingkungan ini, diharapkan tidak ada lagi jalan tergenang saat musim hujan.

Salah satu upaya kita membuat sumur resapan, yang merupakan hasil studi banding di Malang waktu lalu. Di tahun 2018, PRKP konsep eko-drainase di Jalan Pramuka Tuban. Pilot project sebanyak 31 sumur resapan ini, dengan kedalaman masing-masing 1,5 meter.

“Kita berpikir setiap kali hujan, airnya tidak langsung dibuang ke sungai,” sambungnya.

Pria asal Kudus, Jawa Tengah ini, menjelaskan, drainase ramah lingkungan didefinisikan sebagai upaya mengelola air kelebihan dengan cara sebesar-besarnya diresapkan ke dalam tanah secara alamiah atau mengalirkan ke sungai dengan tanpa melampaui kapasitas sungai sebelumnya.

Dalam drainase ramah lingkungan, justru air kelebihan pada musim hujan harus dikelola sedemikian rupa, sehingga tidak mengalir secepatnya ke sungai. Kendati demikian, diusahakan meresap ke dalam tanah, guna meningkatkan kandungan air tanah untuk cadangan pada musim kemarau. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : drainase, ecodrainase



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more