16:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Bagikan Alat Penagkal Covid-19   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Memberikan Alat Protokol Kesehatan   |   13:00 . Desa Harus Siap Karantina Pemudik   |   12:00 . Kehilangan Pekerjaan Diganti Sembako Murah   |   11:00 . Anggota DPRD Bantu Tekan Penyebaran Corona   |   10:00 . Korbankan Bahan Tas dan Kaos untuk Masker   |   09:00 . Peduli Disabilitas, Tri Astuti Serahkan Bantuan Masker dan Sembako Ke Markas ORBIT   |   08:00 . Rambah Pelosok Desa, Setiajit Tangkal Covid-19   |   07:00 . 5 Alasan Kenapa Perhatian Laki-laki Berkurang Setelah Jadian   |   15:00 . Dua Kotak Amal Wali di Tuban yang Hilang Ditemukan di Lamongan   |   14:00 . Dua Kotak Amal di Makam Sunan Geseng juga Digasak Maling   |   13:00 . Goa Ngerong Ditutup, Begini Aktifitas Warga   |   12:00 . Satgas Covid-19 PKB Beri Bantuan Alat Semprot Disinfektan   |   11:00 . Kotak Amal di Makam Wali Dicuri Maling   |   10:00 . Kemenkes Tak Rekomendasikan Bilik Disinfektan di Fasilitas Umum   |  
Mon, 06 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 28 August 2019 09:00

Progres Kilang Tuban Masuk Tahap Persetujuan Desain

Progres Kilang Tuban Masuk Tahap Persetujuan Desain

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Megaproyek Kilang Tuban yang berlokasi di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban telah menunjukkan beberapa perkembangan. Setelah sosialisasi pengadaan lahan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada pemilik lahan, progres lainnya kilang telah masuk dalam tahap persetujuan desain. 

Saat dikonfirmasi, Koordinator Projek Kilang Tuban, Kadek Ambara Jaya belum bisa memberi penjelasan detail soal pertujuan desain kepada blokTuban.com. Mantan pegawai di Kilang Balongan ini harus berkoordinasi dengan atasannya terkait progres itu. 

Mengutip berita di Katadata, Pertamina tengah memproses beberapa megaproyek kilang. Progres kilang Balikpapan terdepan sejauh ini. Sedangkan kilang Tuban dalam tahap persetujuan desain, dan Kilang Cilacap masih berkutat pada diskusi valuasi aset dengan rekanan yaitu Saudi Aramco. 

Direktur Keuangan Pertamina Pahala N. Masury menyampaikan perusahaan sudah menunjuk kontraktor untuk pengerjaan kilang Balikpapan. 

"Prosesnya terlihat nyata bukan hanya site preparation saja. Sudah melakukan pembangunan prasarana di Balikpapan," kata Pahala. 

Dia optimistis kilang Balikpapan dapat rampung pertengahan 2023. Nantinya, kapasitas kilang yang berada di Kalimantan Timur ini akan naik dari 260 juta barel per hari (MBSPD) menjadi 360 MBSPD. 

Sedangkan untuk kilang Tuban yang dikerjakan Pertamina bersama Rosneft, proesesnya sudah masuk tahap Detail Engineering Design (DED) dan General Engineering Design (GED).

Untuk proyek kilang Cilacap, perusahaan masih berupaya merampungkan diskusi valuasi aset dengan mitra yaitu Saudi Aramco. Valuasi dilakukan oleh tim penilai yakni IFA. Tujuannya, meminimalisir kemungkinan ketidaksepakatan dalam valuasi. 

"Dalam satu minggu ke depan mereka sudah melakukan penilaian yang kita bisa negosiasikan," terangnya. 

Pertamina sendiri mulai mempersiapkan pendanaan untuk berbagai proyek kilang-nya. Pertamina sudah mendapatkan US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,39 triliun dari hasil penerbitan obligasi global pada 30 Juli lalu. Adapun pembangunan kilang termasuk dalam fokus Presiden Joko Widodo di periode kedua pemerintahannya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : migas, kilang



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more