16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |   15:00 . Kabar Baik, Lima PDP di Tuban Sembuh Hasil Tes Negatif Covid-19   |   14:00 . DPRD Soroti Disinformasi Covid-19 dan Belum Cairnya Anggaran Gugus Kecamatan   |   13:00 . Rakor Persiapan Serapan DD Kecamatan Rengel , Rp 80 Juta Tanggulangi Covid   |  
Thu, 09 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 28 August 2019 14:00

FKUB Jatim Gelar Dialog dengan Warga Sadar Kerukunan Tuban

FKUB Jatim Gelar Dialog dengan Warga Sadar Kerukunan Tuban

 

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Dalam rangka menjaring aspirasi kerukunan umat beragama dari daerah se Jawa Timur (Jatim) , Tim Forum Kerukunan Umat Beragama Jatim berdialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Sadar Kerukunan, Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Rabu  (28/08/2019). 

Wakil ketua FKUB Jatim, Hamid Syarif mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan usai rapat sinkronisasi dan fasilitasi toleransi kerukunan umat beragama sewilker Bakorwil Bojonegoro. 

"Usai rapat kemarin," ungkap Hamid Syarif 

Ia menambahkan, berkeinginan untuk melihat dan meneliti secara langsung mengapa suatu daerah rukun damai padahal pemeluk agamanya majemuk.

"Islam, Kristen, Hindu, Budha, dll tentu berbeda dengan negara asalnya. Adanya Islam di Indonesia, Kristen di Indonesia, bukan Islam Indonesia, Katolik di Vatikan berbeda dengan Katolik di Indonesia," ujarnya.  

Hal senada juga diungkapkan, Ketua FKUB Tuban KH. Masduqi  dalam sambutannya mengatakan, bahwa masyarakat Kingking sudah sangat lama menjalin kerukunan dengan sesama pemeluk agama.

Ia menjelaskan, tanah yang dipakai bangunan Masjid Besar Baiturrohim Kingking adalah hasil pemberian dari Gereja Bethel Kingking. Makanya berada dalam satu kawasan bahkan satu tembok bersebelahan, kemudian tanah yang ditempati KUA Tuban  dulunya adalah tempat pembantaian babi. 

"Ini menunjukkan bahwa kerukunan umat beragama sudah terjalin sejak lama," ujar mantan Kasubag TU Kemenag ini.

Sedangkan, Ketua Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto, dalam kesempatan yang sama mengatakan, kalau ada ketidakcocokan antar umat beragama mohon untuk segera cegah diri.

"Kita tidak bisa steril dari paham. Kalau ada keributan tolong jangan main hakim sendiri, tapi di selesaikan secara hukum lewat aparat terkait," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban, Sahid usai acara beliau mengatakan,  sangat mengapresiasi kegiatan ini. Tim FKUB Jatim banyak memberikan pencerahan dan solusi kepada kita bagaimana cara menyampaikan kepada ummat  terkait pentingnya kerukunan antar dan intern umat beragama.

"Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja tapi harus ada tindak lanjut yang sasarannya tidak hanya menyangkut pengurus  FKUB melainkan dikembangkan kepada pemuda lintas agama," ujarnya. 

Ia menambahkan, salah satu kendala kegiatan dialog yaitu dana mengadakan kegiatan sebatas anggaran APBD atau Dipa saat ini maka akan menjadi kendala, karena bantuan yang  diterima itu sangat terbatas sehingga perlu dikembangkan utamanya kepada Pemda agar memberikan bantuan lebih besar  lagi. Sebab,  kerukunan umat beragama ini merupakan program unggulan  bersama dan mendapatkan apresiasi yang besar baik dari pimpinan tertinggi di Jakarta.  

 "Dialog para pemimpin agama akan memberikan ketenangan kepada umatnya supaya tidak terjadi gejolak yang nantinya akan merugikan kita bersama," tandasnya

Sekadar informasi, Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan melalui survei yang dilakukan tim khusus dari Kementerian Agama, telah memenuhi persyaratan dan mendapatkan bantuan sebesar Rp32.500.000,- . [nid/lis]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : FKUB, dialog, keagamaan, keragaman



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more