Berkah Giat Kemerdekaan, Pedagang Keliling Diuntungkan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Giat kemerdekaan yang serentak diadakan oleh sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban, seperti lomba tradisional perayaan Agustusan, Lomba gerak jalan, dan juga pawai karnaval, membawa berkah tersendiri bagi para pedagang kecil yang sehari-hari berjualan keliling.

Seperti pengakuan Sujud, Pedagang bakso keliling ini misalnya. Lelaki asal Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel itu mengaku lebih lancar berdagang dari hari-hari biasanya. Mengingat, sehari-hari ia hanya berdagang keliling dan sekali-kali mangkal di area dekat sekolah saja.

"Alhamdulillah lumayan ramai Mas, bisa lebih cepat habiskan dagangan," ungkapnya sembari melayani pembeli yang ada di kawasan finish karnaval PHBN Kecamatan Rengel, Minggu (25/8/2019).

Ditambahkannya lagi, selain bisa lebih cepat laris barang dagang yang ia bawa, perayaan dan kegiatan dibulan Agustus selama ini bisa meningkatkan pendapatan dari biasanya.

"Bisa lah sampai 2 kali lipat. Tapi yang jelas, bisa cepat habis saja sudah seneng," tuturnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Ari, warga asal Kecamatan Soko. Sejak awal bulan Agustus ini, ia banyak membuka dagangan dekat gelaran acara. Bukan tanpa sebab, tapi waktu seperti inilah yang menjadi potensi naiknya omset usah yang dia jalani.

"Hanya dagang Es saja ini. Alhamdulillah, hasilnya cukup melimpah saat bulan perayaan kemerdekaan dan buka stand dibanyak acara. Tapi yang paling ramai ya kemarin, pas karnaval di Jatirogo," jelas pedagang Es yang memiliki cabang di beberapa wilayah Kabupaten Tuban itu. [feb/ito]