17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |   15:00 . FPKB DPRD Kritik Kebijakan Bupati Pangkas Anggaran KONI   |   14:00 . Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban   |   13:00 . Anggaran KONI Dikepras, FPKB Teriak   |   12:00 . Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako   |   11:00 . Sidak Bansos, Bupati Sorot Kinerja Pendamping, Agen hingga Supplier   |   09:00 . Kapolda Jateng Ajak Warga Pergerakan Jalan Bareng   |  
Sat, 31 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Esensi Sedekah Bumi dan Semarak Kemerdekaan Desa Rengel

bloktuban.com | Saturday, 24 August 2019 06:00

Esensi Sedekah Bumi dan Semarak Kemerdekaan Desa Rengel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 kali ini, oleh segenap warga Desa Rengel menjadi sebuah momentum spesial. Sebab pada setiap tahun pada bulan yang sama, giat semarak kemerdekaan selalu diikuti dengan sedekah bumi atau bersih desa.

Sedekah bumi Desa Rengel ini, memiliki makna memberi sedekah kepada bumi atau tanah yang selama ini telah memberi penghidupan kepada banyak warga. Wujud syukur kepada Allah SWT, yang telah memberi nikmat sehat dan hasil tanah yang melimpah ruah.

Acara sedekah bumi Ngerong Desa Rengel dibingkai dalam bentuk hiburan wayang kulit, dipusatkan di lingkungan Jaten Cilik, Desa Rengel, Kecamatan Rengel.

Sebelum hiburan wayang kulit yang di Dalangi oleh Ki Eko, dengan lakon Wahyu Tirto Jati Manik Moyo Pandawa Subur, seremonial peresmian Hipam Tirto Jati dan dan serah terima hadiah lomba Kebersihan, Ketertiban, Keindahan (K3) lingkungan dilakukan.

Kepala Desa (Kades) Rengel, Mohamad Mokhtar dengan adanya sejumlah rangkaian acara mulai dari lomba K3, peresmian Hipam, dan sedekah bumi berharap, agar warga masyarakat Desa Rengel, khususnya Dusun Jaten Cilik, bisa menjaga apa yang telah diupayakan bersama. Karena ketigabya memiliki satu kesatuan yang saling berhubungan.

"Pagelaran wayang kulit ini liburannya. Selanjutnya kedepan, lngkungan tetap dijaga, Hipam bisa digunakan dengan baik," pesan Kades Rengel sebelum gelaran Wayang kulit dimulai, Jumat (23/8/2019) malam.

Hal senada juga dipaparkan oleh Camat Rengel, Eko Wardono. Perilaku hidup sehat oleh warga, kiranya terus ditingkatkan. Upaya penanaman pohon, bisa menyimpan pasokan air yang cukup. Hal itu tentu berkaitan dengan capaian terbentuknya Hipam Jaten Cilik, yang mana sebelumnya pernah dilakukan pengeboran namun belum membawakan hasil yang nyata pada tahun 2013 lalu.

"Alhamdulillah sekarang keluar air, dan mari kita jaga sumber daya air dengan sebaik-baiknya," kata Camat Rengel kepada segenap warga yang hadir dalam areana hiburan wayang kulit.

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua komponen yang turut mensukseskan pagelaran wayang kulit dan terbentuknya Hipam Tirto Jati. Selain wujud rasa syukur kepada Allah, namun juga sebgai bentuk uri-uri budaya.

Semakin malam, warga dengan seksama masih antusias menikmati hiburan wayang oleh Dalang Eko. Lakon Wahyu Tirto Jati Manik Moyo Pandawa Subur disajikan dalam alunan musik tradisional sampai suntuk malam. [feb/ito].

Tag : sedekah, bumi, rengel

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat