15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |   15:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   14:00 . DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun   |   13:00 . Kapolres Sebut Pria Meningalnya Tanpa Busana di Hotel Tuban Punya Riwayat Sakit Jantung   |   12:00 . Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB   |   11:00 . Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel   |   08:00 . Mengintip Kerajinan Pelapah Pisang   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   19:00 . Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung   |  
Thu, 03 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 24 August 2019 06:00

Esensi Sedekah Bumi dan Semarak Kemerdekaan Desa Rengel

Esensi Sedekah Bumi dan Semarak Kemerdekaan Desa Rengel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 kali ini, oleh segenap warga Desa Rengel menjadi sebuah momentum spesial. Sebab pada setiap tahun pada bulan yang sama, giat semarak kemerdekaan selalu diikuti dengan sedekah bumi atau bersih desa.

Sedekah bumi Desa Rengel ini, memiliki makna memberi sedekah kepada bumi atau tanah yang selama ini telah memberi penghidupan kepada banyak warga. Wujud syukur kepada Allah SWT, yang telah memberi nikmat sehat dan hasil tanah yang melimpah ruah.

Acara sedekah bumi Ngerong Desa Rengel dibingkai dalam bentuk hiburan wayang kulit, dipusatkan di lingkungan Jaten Cilik, Desa Rengel, Kecamatan Rengel.

Sebelum hiburan wayang kulit yang di Dalangi oleh Ki Eko, dengan lakon Wahyu Tirto Jati Manik Moyo Pandawa Subur, seremonial peresmian Hipam Tirto Jati dan dan serah terima hadiah lomba Kebersihan, Ketertiban, Keindahan (K3) lingkungan dilakukan.

Kepala Desa (Kades) Rengel, Mohamad Mokhtar dengan adanya sejumlah rangkaian acara mulai dari lomba K3, peresmian Hipam, dan sedekah bumi berharap, agar warga masyarakat Desa Rengel, khususnya Dusun Jaten Cilik, bisa menjaga apa yang telah diupayakan bersama. Karena ketigabya memiliki satu kesatuan yang saling berhubungan.

"Pagelaran wayang kulit ini liburannya. Selanjutnya kedepan, lngkungan tetap dijaga, Hipam bisa digunakan dengan baik," pesan Kades Rengel sebelum gelaran Wayang kulit dimulai, Jumat (23/8/2019) malam.

Hal senada juga dipaparkan oleh Camat Rengel, Eko Wardono. Perilaku hidup sehat oleh warga, kiranya terus ditingkatkan. Upaya penanaman pohon, bisa menyimpan pasokan air yang cukup. Hal itu tentu berkaitan dengan capaian terbentuknya Hipam Jaten Cilik, yang mana sebelumnya pernah dilakukan pengeboran namun belum membawakan hasil yang nyata pada tahun 2013 lalu.

"Alhamdulillah sekarang keluar air, dan mari kita jaga sumber daya air dengan sebaik-baiknya," kata Camat Rengel kepada segenap warga yang hadir dalam areana hiburan wayang kulit.

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua komponen yang turut mensukseskan pagelaran wayang kulit dan terbentuknya Hipam Tirto Jati. Selain wujud rasa syukur kepada Allah, namun juga sebgai bentuk uri-uri budaya.

Semakin malam, warga dengan seksama masih antusias menikmati hiburan wayang oleh Dalang Eko. Lakon Wahyu Tirto Jati Manik Moyo Pandawa Subur disajikan dalam alunan musik tradisional sampai suntuk malam. [feb/ito].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : sedekah, bumi, rengel



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more