Bonus Atlet Porprov Rp495 Juta Cair

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bonus Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2019 sebesar Rp495 juta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban cair, Jumat (23/8/2019).

Bupati Tuban, Fathul Huda didampingi Forkopimda berkesempatan menyerahkan bonus langsung kepada para atlet yang mengharumkan Bumi Wali.

Bonus ratusan juta tersebut tersimpan dalam buku tabungan. Setelah menerima, para atlet pun langsung menunjukkan dan foto bersama sebagai bukti kebanggaan dan ucapan syukur kepada Pemkab.

Dalam Porprov Jatim tahun ini, Kabupaten Tuban masuk 10 besar dengan 55 medali dan 99 poin. Sesuai kemampuan Pemkab, bagi atlet peraih medali emas mendapat bonus Rp20 juta, perak Rp10 juta, dan perunggu Rp5 juta.

Secara rinci Tuban mendapat Emas 10xRp20 juta hasilnya Rp200 juta. Perak 14xRp10 juta hasilnya Rp140 juta. Terakhir Perunggu 31×Rp5 juta hasilnya Rp155 juta, sehingga totalnya Rp495 juta.

Dalam sambutannya Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, giat pagi ini tujuannya gebyar kemerdekaan. Diharapkan kita selalu dalam keadaan merdeka. Bentuk syukurnya kita rawat kemerdekaan dan isi dengan prestasi.

"NKRI harus dibangun terus menerus dengan cara mempertahankan persatuan," terang Bupati dua periode ini.

Bupati kelahiran Montong itu menegaskan, masyarakat Indonesia diciptakan atas berbagai suku, ras dan kuncinya harus saling memahami, menghormati dan tidak mudah terprovokasi. Terpenting hati harus diutamakan jangan kalah dengan nafsu.

Kemerdekaan harus diisi dengan sebaik-baiknya sesuai tema SDM unggul Indonesia maju. Semua harus membuat perencanaan meningkatkan SDM Tuban, supaya pendidikan anak-anak unggul dan menjawab kebutuhan zaman.

"Terimakasih atlet Tuban yang telah berjuang dan mengharumkan nama baik Bumi Wali," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Tuban melalui APBD telah menyediakan anggaran lebih dari Rp1 miliar untuk bonus atlet dan pelatih di Porprov VI Jatim 2019. Bonus atau reward tersebut, sebagai motivasi kepada mereka yang telah berpeluh keringat di ajang bergengsi di Jatim.

Kabid Olahraga Disparbudpora Tuban, Zaenal Maftuchin mengatakan, reward bagi atlet dihitung berdasarkan poin yang diraih. Setiap satu poin bonusnya Rp5 juta.

"Misalnya emas ada 4 poin maka atlet itu dapat Rp20 juta," ucap Zaenal kepada blokTuban.com di posko Media Center Porprov VI Jatim di Pemkab setempat akhir Juni lalu.

Sedangkan untuk pelatih, bonusnya Rp1,5 juta. Mengapa jumlahnya lebih sedikit dari atlet, karena rata-rata pelatih memegang lebih dari satu atlet. Sehingga besaran bonus jika diakumulasi dengan prestasi atlet asuhannya cukup lumayan. [ali/rom]