18:00 . Kuasa Hukum Terduga Korupsi BPNT Keberatan Pernyataan Bupati   |   17:00 . Peduli Pesantren, TPPI Sumbang 3.000 Masker dan Alat Penunjang Tatanan Hidup Baru   |   15:00 . Bupati Isyaratkan Pembatasan Santri di Ponpes   |   14:00 . Desa Wajib Miliki Peta Kerawanan Bencana   |   12:00 . Dampak Covid-19, Pelaksanan Ujian Perangkat Desa Belum Pasti   |   11:00 . Kemenag Keluarkan Panduan Salat Idul Adha   |   10:00 . Bupati Sebut Tak Ada Mafia Pupuk   |   09:00 . 7.255 Petani Tuban Telah Mengambil KUR Tani BNI, Ini Keuntungannya   |   07:00 . 5 Tips Sukses Wawancara Kerja setelah Kamu Kena PHK   |   18:00 . Lahir 1 Juli, 28 Pemohon Dapatkan SIM Gratis   |   16:00 . DPRD Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019   |   14:00 . Jelang Idul Adha, Kemenag Keluarkan Tata Cara dan Penyembelihan Kurban   |   13:00 . Ahli Bikin Quote Patah Hati, Gadis Absurd Tuban Idolakan Fiersa Besari   |   12:00 . Mengenal Basuki Rahmat, Kurir dan Saksi Penandatanganan Supersemar Asal Tuban   |   11:00 . Bupati Yakin Sekdes Cepokorejo Bakal Masuk Bui   |  
Thu, 02 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 21 August 2019 16:00

Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya

Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Larung sesaji atau sedekah laut menjadi warisan lintas generasi bagi nelayan di Indonesia. Sedekah dengan melarung bekakak dan Kyai Mancung tersebut, dilaksanakan sesuai hitungan kalender Jawa.

Di Kabupaten Tuban tepatnya di Kelurahan Karangsari RT.03/RW.03, larung sesaji digelar pada Rabu Pon atau bertepatan dengan Rabu (21/8/2019). Kegiatan serupa juga terlaksana di RT.02/RW.06 Karangsari.

Beragam cara nelayan bersedekah ke penguasa laut, menunjukkan keragaman tradisi dan ucapan syukur. Jika di tempat lain yang dilarung mencakup bekakak dan Kyai Mancung atau kepala kerbau/Sapi, kalau di Tuban hanya bekakaknya saja.

"Kyai Mancung dinaikkan di tiang Anjir yang telah terpasang di tengah laut," kata Juru Kunci Larung Sesaji Karangsari, Khasminah ketika ditemui blokTuban.com sebelum larung di pesisir pantai kelurahan setempat.

Generasi millenial perlu mengetahui apa saja yang berada di dalam bekakak. Mulai dari telor, kacang ijo, kacang tanah, lawe, suri, nilon, pisang, cabe, terasi, micin dan bumbu lengkap, gula, kelapa, bunga, dan nasi tumpeng kecil.

larung-2

Adapun filosofinya, kata Khasminah, bahwa pisang dimaknai sebagai sesogatan atau jamuan bagi penguasa laut yang tidak nampak. Untuk bumbu lengkap dibawa karena kebiasan masyarakat nelayan, tak lepas dari aktifitas masak memasak.

Lawe suri juga biasa disebut awe-awe dino mburi supoyo golek rejeki ora kewohan. Dalam bahasa Indonesianya berharap di masa depan para nelayan tidak bakal kesulitan mencari rejeki.

"Untuk bunga Tangkil ini bermakna berharap kepada Sang Pencipta untuk nelayan selalu diberi kesehatan," terang Lansia berkacamata ini.

Begitupun kembang boreh, artinya menyingkirkan sang kala ketika para nelayan hendak melarung bekakak di Utara Tanjung Awar-awar.

larung-3

Kegiatan larung saji di Karangsari, telah berlangsung 11 kali atau rutin digelar sejak tahun 2007. Seharusnya bisa terlaksana 13 kali, tapi dua tahun tidak digelar karena ada kendala dana di kepanitiaan.

"Berkah dari sedekah laut ini kehidupan masyarakat nelayan tentram. Berbeda dengan sebelumnya yang selalu ada masalah dan bencana," tegasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : larung, laut, sedekah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more