08:00 . Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI   |   07:00 . Usai Divaksin, Bisakah Penerima Tularkan Covid-19??   |   17:00 . 6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir   |   16:00 . Tak Segan Putus Kontrak Supplier Jika Pasok Beras BPNT Jelek   |   15:00 . Tiga Bulan Pertama 2021, BMKG Ingatkan Ada Multi Resiko Bencana   |   11:00 . Kepergok Tak Pakai Masker, Pelanggar Dihukum Push Up   |   07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |   09:00 . Diduga Peras Kades Oknum LSM Disikat Polisi   |   08:00 . Nenek di Tuban Tak Dapat Cairkan BPNT Karena Diputus Kemensos   |  
Sun, 17 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya

bloktuban.com | Wednesday, 21 August 2019 16:00

Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Larung sesaji atau sedekah laut menjadi warisan lintas generasi bagi nelayan di Indonesia. Sedekah dengan melarung bekakak dan Kyai Mancung tersebut, dilaksanakan sesuai hitungan kalender Jawa.

Di Kabupaten Tuban tepatnya di Kelurahan Karangsari RT.03/RW.03, larung sesaji digelar pada Rabu Pon atau bertepatan dengan Rabu (21/8/2019). Kegiatan serupa juga terlaksana di RT.02/RW.06 Karangsari.

Beragam cara nelayan bersedekah ke penguasa laut, menunjukkan keragaman tradisi dan ucapan syukur. Jika di tempat lain yang dilarung mencakup bekakak dan Kyai Mancung atau kepala kerbau/Sapi, kalau di Tuban hanya bekakaknya saja.

"Kyai Mancung dinaikkan di tiang Anjir yang telah terpasang di tengah laut," kata Juru Kunci Larung Sesaji Karangsari, Khasminah ketika ditemui blokTuban.com sebelum larung di pesisir pantai kelurahan setempat.

Generasi millenial perlu mengetahui apa saja yang berada di dalam bekakak. Mulai dari telor, kacang ijo, kacang tanah, lawe, suri, nilon, pisang, cabe, terasi, micin dan bumbu lengkap, gula, kelapa, bunga, dan nasi tumpeng kecil.

larung-2

Adapun filosofinya, kata Khasminah, bahwa pisang dimaknai sebagai sesogatan atau jamuan bagi penguasa laut yang tidak nampak. Untuk bumbu lengkap dibawa karena kebiasan masyarakat nelayan, tak lepas dari aktifitas masak memasak.

Lawe suri juga biasa disebut awe-awe dino mburi supoyo golek rejeki ora kewohan. Dalam bahasa Indonesianya berharap di masa depan para nelayan tidak bakal kesulitan mencari rejeki.

"Untuk bunga Tangkil ini bermakna berharap kepada Sang Pencipta untuk nelayan selalu diberi kesehatan," terang Lansia berkacamata ini.

Begitupun kembang boreh, artinya menyingkirkan sang kala ketika para nelayan hendak melarung bekakak di Utara Tanjung Awar-awar.

larung-3

Kegiatan larung saji di Karangsari, telah berlangsung 11 kali atau rutin digelar sejak tahun 2007. Seharusnya bisa terlaksana 13 kali, tapi dua tahun tidak digelar karena ada kendala dana di kepanitiaan.

"Berkah dari sedekah laut ini kehidupan masyarakat nelayan tentram. Berbeda dengan sebelumnya yang selalu ada masalah dan bencana," tegasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : larung, laut, sedekah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more