15:00 . Berkah Giat Kemerdekaan, Pedagang Keliling Diuntungkan   |   11:00 . Meriah, Gerak Jalan Jegulo Diikuti 54 Regu   |   10:00 . Usai Dibebaskan dari Pasung, Begini Kondisi Karmani   |   09:00 . Penumpang 4 Laki-Laki, 1 Perempuan, Begini Keterangan Polisi   |   07:00 . Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mencegah Stunting Sejak Dini   |   22:00 . Terbalik di Area Persawahan, Satu Korban Penumpang Ertiga Meninggal Dunia   |   21:00 . Rencana Sukowati Jadi Lapangan Aplikasi CCUS Pertama di Indonesia   |   20:00 . Mulai Aktivitas di Rumah, Begini Keadaan Mbah Dji   |   19:00 . Semarakkan Pasar Rakyat, PC Muslimat NU Gelar Lomba Rebana   |   18:00 . Pesan Camat Rengel Jaga Anak, Hingga Sampaikan Program Pemerintah 18-21   |   17:00 . Cumi Kobong, Yuks Cobain ..   |   16:00 . Pimpinan DPRD Sementara Harus Selesaikan Pembentukan Fraksi dan Tartib   |   15:00 . Berikut Nama-nama Anggota Dewan Baru   |   14:00 . Tunjukkan Kesan Merakyat, Ketua DPRD Tuban Ngontel ke Pelantikan   |   13:00 . Anggota Dewan Dilantik   |  
Sun, 25 August 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 13 August 2019 16:00

Hingga Agustus, 45 Kebakaran Melanda Tuban

Hingga Agustus, 45 Kebakaran Melanda Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban, mulai Januari sampai pertengahan Agustus 2019 ini sudah mencapai angka 45 kejadian.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Masduki selaku Kasi Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Dari data laporan yang ada sudah terinput 42 kejadian kebakaran.

"Sementara yang masuk baru 42 yang tercatat. Sedangkan kebakaran kemarin malam di Tambakoyo, dan 2 kebakaran hari ini, belum dicatat laporannya. Jadi, total ada 45 kejadian kebakaran kalau dijumlah," kata Masduki saat ditemui blokTuban.com di ruang kerjanya, Selasa (13/8/2019).

Dari total 45 peristiwa kebakaran tersebut, penyebabnya pun beragam. Namun, yang mendominasi ialah pembakaran yang sengaja dilakukan pada lahan kering tapi ditinggalkan begitu saja. Maksud hati ingin membakaran sampah, malah membesar dan merembet lebih luas. 

"Kalau kebakaran lahan, tetap ada pembakaran yang dilakukan oleh orang. Faktor dari udara yang panas, bahan kering, dan pemantik, sehingga menimbulkan kebakaran," imbuhnya.

Sementara kebakaran yang biasa terjadi pada kawasan rumah atau lingkungan, biasanya disebabkan oleh tungku masak yang tak benar padam ketika ditinggalkan pemiliknya, juga dominasi konsleting listrik.

Menanggapi hal tersebut, pihaknya juga terus mengimbau kepada masyarakat. Terkhusus pada program sosialisasi tahunan, yang mana gencar dilakukan pada beberapa wilayah kecamatan. 

Di samping itu, demi mengimbangi tren peristiwa kebakaran yang dari tahun ke tahun selalu meningkat, pihaknya telah mengajukan BAK pada tahun 2020 mendatang. Yakni dengan 100 target kegiatan pencegahan kebakaran.

 "Tahun 2018 lalu ada 105 kejadian. Padahal target kita hanya 60 kejadian dalam setahun. Jadi, tahun ini kita sudah mengajukan 100 ke BAK mengenai target kegiatan pencegahan kebakaran. Tentunya dengan ketentuan dan penyesuaian anggaran dari pemerintah," pungkasnya. [feb/col]

 

 

Tag : Kebakaran, Tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more