13:00 . Pemkab Tuban Akan Gunakan DAK untuk Penanggulangan Covid-19   |   12:00 . Alasan Perselisihan, 36 PNS Tuban Ajukan Cerai   |   11:00 . Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Tuban Merambah Online   |   10:00 . Dua Hari Lapas Tuban Bebaskan 33 Napi   |   09:00 . Physical Distancing, Empat Jalan Sekitar Alun-alun Ditutup   |   07:00 . 6 Nasihat Terbaik untuk Sahabatmu yang Sedang Putus Cinta   |   18:00 . Disdikda Tuban Perpanjang Lagi Masa Belajar di Rumah   |   16:00 . Kartar Asoka Muda Edukasi Hidup Sehat Jemaah Jumat   |   14:00 . Ranting GP Ansor Koro, Donasikan APD Face Shield ke RSUD Tuban   |   13:00 . Spesialis Pembobol Rumah di Tuban Dihadiahi Peluru Timah Panas   |   12:00 . KUA Buka Pendaftaran Nikah Online   |   11:00 . Peduli Covid-19, Sarbumusi-NU Bagikan 500 Nasi Bungkus dan Air Mineral   |   10:00 . Setelah Wisata, Pemkab Tuban Tutup Pasar Hewan   |   09:00 . Sidang di PN Tuban Online   |   08:00 . Bupati Tuban Minta Masjid di Lingkungan Industri Tak Gelar Salat Jumat   |  
Sun, 05 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 13 August 2019 16:00

Hingga Agustus, 45 Kebakaran Melanda Tuban

Hingga Agustus, 45 Kebakaran Melanda Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban, mulai Januari sampai pertengahan Agustus 2019 ini sudah mencapai angka 45 kejadian.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Masduki selaku Kasi Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Dari data laporan yang ada sudah terinput 42 kejadian kebakaran.

"Sementara yang masuk baru 42 yang tercatat. Sedangkan kebakaran kemarin malam di Tambakoyo, dan 2 kebakaran hari ini, belum dicatat laporannya. Jadi, total ada 45 kejadian kebakaran kalau dijumlah," kata Masduki saat ditemui blokTuban.com di ruang kerjanya, Selasa (13/8/2019).

Dari total 45 peristiwa kebakaran tersebut, penyebabnya pun beragam. Namun, yang mendominasi ialah pembakaran yang sengaja dilakukan pada lahan kering tapi ditinggalkan begitu saja. Maksud hati ingin membakaran sampah, malah membesar dan merembet lebih luas. 

"Kalau kebakaran lahan, tetap ada pembakaran yang dilakukan oleh orang. Faktor dari udara yang panas, bahan kering, dan pemantik, sehingga menimbulkan kebakaran," imbuhnya.

Sementara kebakaran yang biasa terjadi pada kawasan rumah atau lingkungan, biasanya disebabkan oleh tungku masak yang tak benar padam ketika ditinggalkan pemiliknya, juga dominasi konsleting listrik.

Menanggapi hal tersebut, pihaknya juga terus mengimbau kepada masyarakat. Terkhusus pada program sosialisasi tahunan, yang mana gencar dilakukan pada beberapa wilayah kecamatan. 

Di samping itu, demi mengimbangi tren peristiwa kebakaran yang dari tahun ke tahun selalu meningkat, pihaknya telah mengajukan BAK pada tahun 2020 mendatang. Yakni dengan 100 target kegiatan pencegahan kebakaran.

 "Tahun 2018 lalu ada 105 kejadian. Padahal target kita hanya 60 kejadian dalam setahun. Jadi, tahun ini kita sudah mengajukan 100 ke BAK mengenai target kegiatan pencegahan kebakaran. Tentunya dengan ketentuan dan penyesuaian anggaran dari pemerintah," pungkasnya. [feb/col]

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kebakaran, Tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more