19:00 . Bentrokan Antar Perguruan Silat di Parengan?   |   15:00 . Berkah Giat Kemerdekaan, Pedagang Keliling Diuntungkan   |   11:00 . Meriah, Gerak Jalan Jegulo Diikuti 54 Regu   |   10:00 . Usai Dibebaskan dari Pasung, Begini Kondisi Karmani   |   09:00 . Penumpang 4 Laki-Laki, 1 Perempuan, Begini Keterangan Polisi   |   07:00 . Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mencegah Stunting Sejak Dini   |   22:00 . Terbalik di Area Persawahan, Satu Korban Penumpang Ertiga Meninggal Dunia   |   21:00 . Rencana Sukowati Jadi Lapangan Aplikasi CCUS Pertama di Indonesia   |   20:00 . Mulai Aktivitas di Rumah, Begini Keadaan Mbah Dji   |   19:00 . Semarakkan Pasar Rakyat, PC Muslimat NU Gelar Lomba Rebana   |   18:00 . Pesan Camat Rengel Jaga Anak, Hingga Sampaikan Program Pemerintah 18-21   |   17:00 . Cumi Kobong, Yuks Cobain ..   |   16:00 . Pimpinan DPRD Sementara Harus Selesaikan Pembentukan Fraksi dan Tartib   |   15:00 . Berikut Nama-nama Anggota Dewan Baru   |   14:00 . Tunjukkan Kesan Merakyat, Ketua DPRD Tuban Ngontel ke Pelantikan   |  
Sun, 25 August 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 12 August 2019 18:00

Peluang Tuban Tawarkan Tembakau di Kota Kretek

Peluang Tuban Tawarkan Tembakau di Kota Kretek

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban melakukan Studi Pasar ke Usaha Industri Hasil Tembakau Skala Kecil di Kabupaten Kudus, Kamis-Jumat (8-9/08/2019).

Kegiatan ini diikuti Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan;Kabag Perekonomian dan SDA, Bagian  Humas dan Protokol, Diskoperindag, juga 30 petani tembakau Bumi Wali. 

Rombongan Kabupaten Tuban secara langsung diterima Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus, Bambang Tri Waluyo, Tim Dinas perdagangan, manager Perusahaan Rokok Sukun, dan HRD Perusahaan Rokok Noroyono. 

Selama dua hari di kota Kretek, rombongan Kabupaten Tuban mengunjungi 11 perusahaan rokok skala kecil yang berada di Lingkungan Industri Kecil dan Perusahaan Rokok Djarum.  

Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban Agus Wijaya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka pembinaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada usaha industri hasil tembakau skala kecil. 

Jumlah petani tembakau di Kabupaten Tuban sebanyak 715 orang. Dari jumlah tersebut mampu memproduksi tembakau sebesar 15.714,97 ton per tahun dengan luas areal tanam 1.681 Ha dari 3.341 Ha potensi lahan yang tersebar di 9 kecamatan. 

"Pasca studi pasar para petani dapat memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengolahan tembakau,” harap mantan Camat Montong itu. 

Pertemuan ini menjadi sarana forum silaturahmi dan terfasilitasinya antara petani tembakau Kabupaten Tuban dengan pelaku usaha industri rokok Kabupaten Kudus. Saat ini market petani tembakau Kabupaten Tuban hanya melalui tengkulak dan dipasarkan di area lokal. 

“Semoga setelah pertemuan ini dapat membuka market langsung dari petani tembakau Kabupaten Tuban ke pelaku usaha industri rokok Kabupaten Kudus,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kabupaten Kudus, Bambang Tri Waluyo, menyampaikan bahwa pihaknya memberi perhatian untuk pengembangan UKM di Kabupaten Kudus. Berbagai UKM didampingi untuk membranding merk dagang, diberikan pelatihan serta mengikuti pameran. 

"Harapannya dapat meningkatkan promosi dan semakin dikenal produknya," ujarnya.

Pihaknya juga siap memberikan kesempatan kepada kabupaten Tuban untuk menawarkan tembakaunya ke perusahaan yg ada di kabupaten Kudus. Kegiatan ini dibiayai oleh dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) tahun 2019. [ali/col]

Tag : ekonomi, tembakau

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more