Harga Cabai Rawit di Tuban Meroket, Bawang Justru Turun

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga cabai rawit di Pasar Baru Tuban tembus Rp90 ribu per kilogram. Melesatnya harga cabai tersebut berbanding terbalik dengan harga bawang merah dan bawang putih yang justru  menurun.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiyatun. Menurutnya, harga cabai rawit saat ini terus merangkak naik hingga tembus Rp90 ribu per kilogram.

"Harga cabai rawit merah sekarang Rp90 ribu per kilogram," ujar Rumiyatun saat ditemui blokTuban.com, Senin (12/8/2019).

Lebih lanjut, selain harga cabai rawit merah yang melesat naik, harga cabai tampar juga naik dari sebelumnya hanya Rp40 ribu sekarang menjadi Rp75 ribu per kilogram. 

"Harga cabai naik karena stoknya di Tuban menipis. Untuk pembeli masih seperti hari-hari biasanya hanya saja jumlah pembelianya dikurangi," imbuhnya.

Sementara itu, untuk harga komoditas dapur yang lain seperti bawang merah harganya turun dari Rp20 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram dan bawang putih turun tipis dari Rp28 ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram.

"Untuk harga bawang merah dan bawang putih saat ini malah turun," tandas Rumiyatun.

Sementara itu, pedagang lain Bu Muin, juga mengungkapkan yang sama jika saat ini harga cabai melonjak dikarenakan stok komoditas cabai di Tuban menipis. "Harga cabai saat ini naik karena faktor stok," pungkasnya.[hud/col]