Berikut Tips Merawat Daging Kurban Ala Dinkes

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hari raya Idul adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi atau kambing. Maka tak heran masyarakat akan mendapatkan daging kurban.

Agar daging kurban yang didapatkan tetap aman dikonsumsi, meskipun tidak habis dalam waktu satu hari dan dapat dimasak beberapa kali.  Berikut ini, tips untuk merawat daging kurban agar awet dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban.

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, sebaiknya menyimpan daging dalam suhu dibawah nol derajat, sebab bakteri tidak akan tumbuh di suhu yang dingin.

"Sehingga bisa menjaga kualitas daging tetap segar ketika dimasak," ungkap Endah.

Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang dapat anda praktekan di rumah.
 
Tips pertama, untuk daging yang tidak akan segera dimasak. Sebaiknya masukan ke dalam plastik berukuran kecil, sebab dalam kemasan kecil suhu lebih mudah menjangkau bagian yang paling dalam sehingga menjadikan lebih cepat membeku. Apabila dalam kemasan besar, bila akan dimasak harus dicairkan terlebih dulu baru mengambil sebagian lalu sisanya dimasukkan kembali.

"Hal ini akan memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak," ungkapnya.

Tips kedua, lebih baik daging kurban yang baru didapatkan langsung dimasukan kedalam lemari es tanpa dicuci. "Namun jika ada kotoran atau debu, wajib dicuci terlebih dulu," imbuhnya.

Tips ketiga, masak daging dengan cara apa pun seperti, rebus, kukus dan lain sebagainya, harus sampai benar-benar matang. Setelah dimasak, pada umumnya setiap masakan hanya mampu bertahan selama 4 jam.

"Setelah 4 jam, apabila masih tersisa masakan segera dipanaskan kembali atau disimpan di lemari es," tandasnya. [nid/rom]