14:00 . Pertamina Siapkan Antisipasi Peningkatan Kebutuhan BBM dan Gas Jelang Imlek   |   13:00 . Terlahir dari Keluarga Sederhana, Tak Patah Semangat Kejar Cita-Cita   |   12:00 . Malam Imlek Diprediksi Hujan Lebat   |   11:00 . Pekan Pertama: Suara Tertinggi Polling Dikuasai Pemain Baru Politik Tuban   |   09:00 . Puskesmas Jenu Komit Cegah KKN   |   08:00 . DPRD Ciamis Kepincut Pendapatan Parkir Tuban Rp8,3 Miliar   |   19:00 . Komisi III DPRD Tuban Angkat Bicara   |   18:00 . Disparbudpora Buka Audisi Penari, ini Persyaratannya   |   17:00 . Harga Cabai Rawit Mahal, Begini Menurut Dinas Pertanian   |   16:00 . Kementan Perangi Ulat di Tuban   |   14:00 . Wisata Timur Tengah di Tuban Bisa Dinikmati Lebaran 2020   |   13:00 . Dipasok dari Luar Daerah, Cabai Rawit Tembus Rp 75 Ribu   |   12:00 . Tes SKD CPNS Digelar Akhir Februari   |   11:00 . Bupati: Tugas Diskominfo Meluruskan Informasi dan Bermitra dengan Pers   |   10:00 . Hari Ini, Sebagian Wilayah Tuban Kota PDAM Mampet   |  
Fri, 24 January 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 10 August 2019 14:00

Berikut Tips Merawat Daging Kurban Ala Dinkes

Berikut Tips Merawat Daging Kurban Ala Dinkes

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hari raya Idul adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi atau kambing. Maka tak heran masyarakat akan mendapatkan daging kurban.

Agar daging kurban yang didapatkan tetap aman dikonsumsi, meskipun tidak habis dalam waktu satu hari dan dapat dimasak beberapa kali.  Berikut ini, tips untuk merawat daging kurban agar awet dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban.

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, sebaiknya menyimpan daging dalam suhu dibawah nol derajat, sebab bakteri tidak akan tumbuh di suhu yang dingin.

"Sehingga bisa menjaga kualitas daging tetap segar ketika dimasak," ungkap Endah.

Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang dapat anda praktekan di rumah.
 
Tips pertama, untuk daging yang tidak akan segera dimasak. Sebaiknya masukan ke dalam plastik berukuran kecil, sebab dalam kemasan kecil suhu lebih mudah menjangkau bagian yang paling dalam sehingga menjadikan lebih cepat membeku. Apabila dalam kemasan besar, bila akan dimasak harus dicairkan terlebih dulu baru mengambil sebagian lalu sisanya dimasukkan kembali.

"Hal ini akan memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak," ungkapnya.

Tips kedua, lebih baik daging kurban yang baru didapatkan langsung dimasukan kedalam lemari es tanpa dicuci. "Namun jika ada kotoran atau debu, wajib dicuci terlebih dulu," imbuhnya.

Tips ketiga, masak daging dengan cara apa pun seperti, rebus, kukus dan lain sebagainya, harus sampai benar-benar matang. Setelah dimasak, pada umumnya setiap masakan hanya mampu bertahan selama 4 jam.

"Setelah 4 jam, apabila masih tersisa masakan segera dipanaskan kembali atau disimpan di lemari es," tandasnya. [nid/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : idul adha, kurban, daging kurban



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more