13:00 . Agus Sudibyo Beber Syarat Take Down Berita   |   12:00 . Saat Pandemi, Media Lokal Lebih Banyak Diminati   |   11:30 . Gubernur Jatim: AMSI adalah Industri Masa Depan   |   11:00 . Konferwil 2 AMSI Jatim Resmi Dibuka Gubernur Khofifah   |   10:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   22:00 . Facebook dan Tiktok Bisa Dimanfaatkan Sebagai Distribusi Konten Berita   |   22:00 . Bupati: Tak Perlu Sabotase Truk Pupuk Subsidi, Stok Cukup   |   21:00 . DPRD Setujui Rancangan APBD 2021 Capai Rp2,4 Triliun   |   20:00 . Jadwal Uji Coba KBM SMP dan MTs Tunggu Izin Gugus Tugas   |   19:00 . Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa, Gus Menteri Sambangi Tuban   |   18:00 . Penerima Jaring Pengaman Sosial Diminta Patuhi 3M   |   17:00 . Pakai Masker di Pantai Semilir, Kapolsek Jenu Hadiahi Sego Pindang   |   16:30 . Dipandu CEO BMG Webinar Konferwil AMSI Berlangsung Gayeng   |   16:00 . AMSI Jatim Salurkan Vitamin dan APD untuk Nakes RSSA Malang   |   15:00 . Gubernur Khofifah akan Buka Konferwil AMSI Jatim di Kota Batu   |  
Sat, 24 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 07 August 2019 14:00

Kementerian LHK Tanam 2.800 Mangrove di Tuban

Kementerian LHK Tanam 2.800 Mangrove di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian LHK RI bersama Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, menanam mangrove di area Wana Wisata Pantai Sowan Desa Bogorejo, Bancar, Rabu (7/8/2019).

Penanaman mangrove juga diikuti Ketua TP PKK Kabupaten Tuban, Dandim 0811/Tuban, Kapolres Tuban, Kemenag Tuban, Sekda Tuban bersama Istri, BPBD Jatim, OPD dan Camat.

Puluhan mahasiwa dan pelajar juga dilibatkan untuk menanam 2.800 mangrove di area wisata. Pada kegiatan ini, juga dibagikan 500 bibit Cemara Laut dan 500 bibit kelengkeng kepada peserta.

Penamaan mangrove merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE) yang dibentuk Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla.

OASE bekerja sama dengan sejumlah kementerian, diataranya Kementerian LHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

mangrove-1

Usai kegiatan, kepada awak media, Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian LHK RI, Murdiyono menyatakan, terdapat tiga juta hektar mangrove yang tersebar di wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut 69 persen tergolong baik, sedangkan 31 persen tergolong rusak.

Lahan mangrove yang mengalami kerusakan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Pihaknya juga telah memiliki one map mangrove untuk memetakan wilayah mangrove yang baik maupun rusak.

"Kementerian LHK RI saat ini terus berupaya merehabilitasi mangrove yang tergolong rusak. Sesuai dengan intruski Presiden RI, perlu adanya peningkatan rehabilitasi lahan dan hutan," ungkapnya.

Di samping itu, perlu pelibatan peran serta institusi pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat untuk melakukan penanaman mangrove. Murdiyono menambahkan, adanya Mangrove Center Jenu menjadi langkah yang luar biasa dalam upaya pelestarian dan pengembangan mangrove.

Diharapkan Kabupaten Tuban dapat menjadi percontohan pengembangan dan budidaya mangrove bagi wilayah lainnya.

"Kami mengapresiasi atas upaya dari masyarakat dan komunitas yang telah menanam mangrove secara swadaya," tuturnya.

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, menyampaikan terima kasih atas dipilihnya kabupaten Tuban mewakili provinsi Jawa Timur. Penanaman mangrove ini serentak dilakukan di 12 provinsi rangka memperingati hari konservasi alam nasional.

Kabupaten Tuban memiliki garis pantai sepanjang 65 KM, yang melintasi lima kecamatan. Dari total panjang pantai tersebut, 15 KM telah ditanami mangrove.

Tidak hanya itu, Pemkab Tuban akan mensinergikan program di Diskanak dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. Akan terus dikembangkan dengan berbagai program untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan ekosistem dan lingkungan.

"Dimana tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk nelayan," imbuhnya.

Budidaya mangrove, lanjut Wabup, membawa manfaat yang luar biasa. Diantaranya mencegah abrasi, sebagai ekosistem baru bagi hewan laut, serta mampu mengurangi polusi lima kali lebih baik dan menghasilkan oksigen

"Harapannya, berbagai program dari KLHK dapat sering dilakukan di Bumi Wali," harapnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kementerian LHK, mangrove, tanam



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more