15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |   22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 04 August 2019 12:00

Program Hulu Hilir Pertanian Belum Produksi 36 Ton Beras

Program Hulu Hilir Pertanian Belum Produksi 36 Ton Beras Keterangan foto: Bupati Tuban melihat kualitas beras yang dihasilkan gudang penggilingan padi di Widang

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban telah memiliki gudang penggilingan padi Program Hulu Hilir Agro Maritim Jawa Timur letaknya di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang. Gudang yang dilaunching Bupati Tuban pada 21 Desember 2018 belum berjalan sesuai rencana.

Gudang produksi dengan luas 1.006 meter persegi dan panjang 44 meter serta lebar 24 meter itu, ditarget dapat memproduksi beras 36 ton per hari. Karena memiliki dua dryer masing-masing berkapasitas 30 ton dan 6 ton.

"Belum hasilkan 36 ton beras per hari, karena produksi baru optimal pada saat panen," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji ketika dihubungi blokTuban.com, Minggu (4/8/2019).

Mantan Camat Bancar ini menegaskan, di luar panen harga beli gabah tinggi dan harga jual beras belum bisa menutup biaya produksi. Oleh karena itu, panen adalah saat yang tepat untuk memproduksi beras 36 ton tersebut.

Program Hulu Hilir Agro Maritim dari Pemprov Jawa Timur tersebut melibatkan Gapoktan Tri Mulyo Tani Desa  Ngadirejo, Kecamatan Widang atas rekomendasi dari intansinya. Gapoktan tersebut diberi modal pinjaman sebesar Rp9,6 miliar dengan bunga 6 persen.

“Program ini program mandiri. Dari segi pembelian alat dan semua dilakukan secara mandiri oleh gapoktan sini,” imbuhnya.

Untuk pemasaran, kata Murtadji saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan bank BNI melalui agen BNI 46 dan menjadi penyedia beras dalam Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bupati Fathul Huda sendiri sempat memuji gapoktan beserta Pemdes serta pihak terkait lainnya saat launching. Gudang penggilingan tersebut digadang bisa menyejahterakan petani, bumdes, serta konsumen.

Sekaligus dapat menguntungkan konsumen sebab harganya yang lebih murah, dan untuk petani dapat memiliki nilai tambah.

"Saya berterimakasih kepada semua yang terlibat, terlebih Dinas Pertanian Provinsi Jatim yang telah memilih Tuban," kata Bupati waktu itu.

Terkait pemasaran, Bupati optimis tidak akan ada masalah dalam hal pemasaran. Gudang penggilingan tersebut masih dalam permulaan, untuk itu sangat penting membangun jaringan, serta perbaikan utamanya dalam penguatan SDM.

Beras menjadi komoditi yang sering inflasi, harganya selalu naik terutama di kecamatan di dekat kota, seperti Palang, Semanding, Jenu, dan Merakurak, selalu di atas rata-rata pasar. Kalau bisa, pasokan berasnya bisa dari sini, agar harganya stabil. Jadi untuk pemasaran tidak usah khawatir.

Saat ini Tuban selalu mengalami surplus beras, tetapi beras yang ada di Tuban kebanyakan masih beras dari luar daerah. Bupati mengakui Pemkab sibuk untuk memasarkan keluar, tetapi di dalam kabupaten tidak merata.

"Untuk itu, saya harap ke depannya beras  dari sini bisa menyuplai semua kecamatan yang saya sebutkan,” harapnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : program, hulu, hilir, agro, maritim, ngadirejo, widang



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more