Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 03 August 2019 17:00

Jalin Matra Layani 5 Desa Kabupaten Tuban

Jalin Matra Layani 5 Desa Kabupaten Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Matra), merupakan salah satu program yang digagas Pemerintah Jawa Timur (Jatim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes). Program ini adalah bentuk keseriusan Pemprov Jatim, dalam menanggulangi potensi kemiskinan.

Di Kabupaten Tuban sendiri, tercatat ada 5 desa yang tahun ini mendapat program Jalin Matra. Antara lain Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Desa Gaji dan Desa Socorejo Kecamatan Jenu. Sedang 2 lainnya berada di Desa Tanggir dan Desa Mergosari, Kecamatan Singgahan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ahmad Murtafiq selaku Pendamping Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) di Kabupaten Tuban. Dikatakannya, pentingnya program Jalin Matra khusunya PK2 bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Timur yang sampai hari ini masih menempati posisi pertama dalam konteks kemiskinan di Indonesia, walaupun peningkatan kesejahteraannya juga yang tinggi.

"Harapannya dari pemerintah, agar ada percepatan pengentasan kemiskinan," cakapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (3/8/2019)

Masih kata Murtafiq, wilayah desa yang mendapatkan prorgam Jalin Matra, juga mendapatkan bimbingan teknik (bimtek) terkait pengelolaan usaha.

"Seperti kemarin di Gesikharjo. Kita berikan bimtek, di sela acara pencairan pinjaman murah," tambahnya.

Jatim Matra PK2 ini, sambungnya, adalah program yang dikhususkan untuk menangani masyarakat rentan miskin. Program tersebut terwujud dalam bentuk pinjaman murah.

Masyarakat rentan miskin ini berbeda dengan masyarakat miskin. Maksudnya, orang-orang terbawah yang bila mana mengalami krisis, seperti gagal panen, atau hal yang paling sederhana semisal mengalami sakit, bisa mengakibatkan warga itu sendiri berpotensi jadi miskin.

"Pinjaman murah ini selain sifatnya memberi bantuan, fasilitas kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS), disisi lain juga melakukan edukasi terhadap masyarakat. Bagaimana mereka bisa mengembangkan usaha," paparnya berharap.

RTS penerima Jalin Matra PK2 adalah rumah tangga yang sudah produktif, yang sudah punya usaha tetapi butuh dikembangkan lagi. Sehingga nanti tingkat ekonominya lebih baik. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : jalin, matra, tuban, dispemasdes



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini