15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |   22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 31 July 2019 19:00

Bakesbangpol Gelar Fasilitasi Pemberdayaan Ormas dan LSM.

Bakesbangpol Gelar Fasilitasi Pemberdayaan Ormas dan LSM.

Reporter: Nydia Marfis

blokTuban.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tuban menyelengarakan fasilitasi pemberdayaan organisasi masyarakat (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bertemakan 'Dialog dan Sosialisasi UU RI NO. 16 tahun 2017 di Gedung Kopri Tuban.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Joko Sarwono mengungkapkan, ormas sebagai organisasi sukarela yang didirikan masyarakat telah hadir sejak sebelum Indonesia merdeka. Kehadiran Ormas sebagai kontrol sosial dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

"Hal tersebut sesuai dengan spirit demokrasi," ungkap Joko, Rabu (31/7/2019)

Lebih lanjut, demokrasi telah mewujudkan peran ormas sebagai kekuatan civil society. Karenanya, Ormas memiliki kebebasan untuk mendukung maupun menolak kebijakan yang ditetapkan sesuai dengan asas organisasi dan regulasi yang ada.

Joko Sarwono menerangkan Pemkab Tuban sebagai wujud kehadiran Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi dan menjalin hubungan dengan Ormas. 

Hubungan yang terjalin baik antara Pemkab dan Ormas merupakan wujud dari pelaksanaan good governance. Sinergitas ini menjadi kekuatan yang besar untuk memajukan bangsa Indonesia, utamanya di Kabupaten Tuban.

"Dengan ditetapkannya UU no. 16 tahun 2017, menjadi pedoman sekaligus regulasi bagi Ormas dalam menyelenggarakan kegiatan," ujarnya.

Mengacu pada peraturan tersebut, Ormas memiliki hak dan kewajiban untuk ikut berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, baik peningkatan ekonomi, edukasi, maupun menjaga ketertiban masyarakat. 

"Ormas harus menjunjung tinggi nilai-nilai keragaman dan dilarang bertindak SARA," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, dalam laporannya menyebutkan di Kabupaten Tuban terdapat 238 ormas/LSM. Jumlah tersebut terdiri dari organisasi keagamaan, sosial, maupun kepemudaan.

"Jumlah keseluruhannya, ada yang aktif juga ada yang sudah  tidak aktif," ungkap Didik. 

Mantan Camat Tambakboyo ini menambahkan, kegiatan yang dikemas berbentuk Dialog dan Sosialisasi ini dimaksudkan untuk mendata sebagai upaya pemutakhiran data Ormas. Selanjutnya, data akan dilaporkan ke Mendagri. Selain itu, untuk menjalin komunikasi dan silaturahim dengan ormas. Dan Materi disampaikan meliputi regulasi yang berlaku bagi Ormas dan terkait dana hibah maupun Bansos. 

"Sekaligus menjadi wadah koordinasi dalam rangka ikut menyukseskan Pilkada Kabupaten Tuban mendatang," tandasnya. [nid/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bakesbangpol, ormas



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more