Puncak Hari Koperasi Nasional, Bupati Berpesan Koperasi Harus Kreatif

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar acara Resepsi Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Selasa (30/7/2019).

Pada acara puncak Harkopnas tersebut, turut hadir Bupati Tuban, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Timur, Dekopinda Tuban serta seluruh pengurus dan pengawas koperasi se-Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan apresiasi perkembangan koperasi yang ada di Kabupaten Tuban. Diharapkan koperasi yang ada tersebut selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur jati diri bangsa dan memiliki jiwa gotong-royong.

"Koperasi harus menjunjung nilai-nilai luhur jati diri bangsa," ujar Bupati Tuban dalam sambutanya.

Bupati dua periode itu menambahkan, dengan Harkopnas yang mengusung tema 'Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi aindustri 4.0' ini, koperasi harus bisa bersaing. Hal itu agar koperasi tetap bisa eksis dan terus bertahan.

"Koperasi harus bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan jiwa kreativitas bagi anggotanya," pesan Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan jika sampai saat ini koperasi di Kabupaten Tuban berjumlah sebanyak 1.277 dengan kategori aktif sebanyak 589 koperasi. Sedangkan yang tidak aktif sebanyak 688 koperasi.

"Jumlah keanggotaan semuanya sebanyak 100.282 orang dengan aset koperasi sebesar Rp731.075.839.393," kata Agus Wijaya.

Lebih lanjut, dengan tema Harkopnas yang diusung tahun ini, koperasi harus mengakomodir perubahan untuk lebih smart, praktis, efisien, efektif tanpa meninggalkan jati diri koperasi.[hud/ito]