Dinsos: Sudah Mendapatkan 3 Bantuan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Menanggapi perihal kabar yang sedang viral di media sosial (Medsos), Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)  Kabupaten Tuban membenarkan bahwasanya keluarga tersebut, belum menerima PKH tapi sudah mendapat tiga bantuan lainnya.

Beberapa hari yang lalu, medsos dihebohkan dengan unggahan seorang anak yang menggunakan seragam sekolah bersama adiknya dan  berfoto di depan sebuah rumah. Disertai tulisan  berharap  PKH segera diacc oleh admin, agar  ibunya mendapatkan bantuan untuk membayar sekolahnya dan juga adiknya. Selain itu, juga ia berharap seperti teman - temanya yang rumahnya lebih bagus tapi mendapatkan PKH. 

Menanggapi hal tersebut, Kasi perlindungan dan jaminan sosial, Dinsos PPPA Tuban,  Santoso mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan pendamping PKH sesuai alamat yang tertera diunggahan tersebut,  Desa Kedungsoko, Kecamatan Pelumpang, pihaknya membenarkan bawasanya keluarga tersebut belum mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tapi, keluarga tersebut telah mendapatkan bantuan lainnya yaitu,  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), PIP dan KIS.

"Belum dapat PKH, tapi sudah mendapatkan 3 bantuan lainnya,"ungkapan Santoso.

Ia menambahkan, pihaknya tidak pernah mengusulkan perorangan atau keluarga untuk mendapatkan PKH. Hal tersebut dikarenakan, PKH merupakan bantuan  yang memiliki ketentuan khusus  bersyarat yang ditujukan bagi keluarga miskin. Yang terdaftar dalam data terpadu  program  penanganan kemiskinan dan selanjutnya akan diverifikasi oleh pusat.

 "Kita tidak pernah mengusulkan sesorang atau keluarga untuk mendapatkan PKH,"ungkapnya.

Lebih lanjut,  ada 7 komponen yang bisa mendapatkan bantuan PKH dia ntaranya ibu hamil sebesar Rp2.400.000, Anak Usia Dini sebesar Rp2.400.00, SD sebesar Rp900.000.
SMP berjumlah Rp1.500.000, SMA Rp200.000, Disabilitas berat sebesar Rp2.400.000 dan lanjut usia Rp2.400.000. Kesemua bantuan tersebut, disalurkan dalam 4 tahap pertahunnya.

"Maksimal ada 4 komponen di setiap keluarga,"tandasnya.  [nid/ito]