10:00 . Sang Peletak Dasar Organisasi IPPNU itu Telah Tiada   |   09:00 . Nyai Hj. Basiroh Shoimuri Pendiri IPPNU Wafat di Usia 83 Tahun   |   08:00 . BMKG Minta Waspadai Cuaca Ekstrem   |   07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   18:00 . Harry Susanto Jadi Ketua DPC Gerindra Tuban Gantikan Tri Astuti   |   17:00 . Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Tutupi Akses Jalan Jatirogo-Bulu   |   16:00 . Pemkab Tuban Belum Miliki Data Kemitraan UMKM dan Perusahaan   |   15:00 . Teror Anjing Liar di Tambakboyo, 13 Ekor Kambing Mati Diterkam   |   14:00 . Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi   |  
Wed, 20 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Sesalkan Tak Ada Ganti Rugi Lahan dari Uji Seismik PHE

bloktuban.com | Friday, 26 July 2019 16:00

Warga Sesalkan Tak Ada Ganti Rugi Lahan dari Uji Seismik PHE Sejumlah warga mediasi dengan Muspika Kerek di Balai Desa Temayang

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah warga Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban pada Jumat (26/7/2019) menyampaikan tuntutannya di balai desa setempat. Di antaranya warga menyesalkan tidak adanya ganti rugi lahan yang telah dibor untuk uji seismik 3D, yang dilakukan Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) di wilayah Migas Blok Tuban. 

Perwakilan warga Darmawi, menyesalkan tindakan tim seismik yang tidak bersedia memberikan kompensasi kepada pemilik lahan yang akan dibor nantinya. Hal ini dianggapnya menciderai kearifan lokal yang selama ini berlaku. 

"Di desa ini ada budaya. Ibaratnya lewat pekarangan orang saja memberi sebungkus rokok. Kenapa proyek Pertamina tidak ada sepeser pun untuk pemilik lahan," kata Darmawi.

Camat Kerek, Sugeng Purnomo yang hadir dalam mediasi meminta kepada semua pihak untuk menyukseskan proyek negara. Ketika ditemukan kendala di lapangan harus mengedepankan musyawarah. 

"Kita memahami kondisi dan kearifan lokal. Jadi sekecil apapun bila ada masalah segera dikoordinasikan dengan duduk bersama," pesan mantan Camat Senori. 

Firzakir, Humas Seismik PHE TEJ dalam kesempatan itu membeberkan banyak hal. Sekaligus menjelaskan timnya telah melakukan serangkaian sosialisasi dari semua tingkatan.

Beberapa waktu lalu di Temayang pun telah dilakukan. Perihal keluhan warga, sesuai regulasi memang tidak ada ganti rugi untuk pemilik lahan. 

"Yang kami ganti hanya tumbuh tanam sesuai area dan volume yang rusak," terangnya. 

Selain itu, apabila ada putra daerah yang berkenan bergabung bersama timnya pihaknya membuka pintu lebar. Terutama untuk tenaga non skill.

Silahkan ajukan lamaran yang direkomendansi oleh Kepala desa. Pihaknya akan sesuaikan dengan kebutuhan, yang pasti akan tetap berkomitmen untuk bekerja sama demi suksesnya proyek negara ini.

Temayang sendiri termasuk salah satu desa di Kecamatan Kerek yang masuk peta Seismik Pertamina. Desa lain yang juga terdampak uji seismik mencakup Desa Padasan, Margomulyo, Karanglo, Sumberarum, Kasiman dan Hargoretno. [ali/col]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : warga, pertamina



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more