Tetap Fokus WTS, Pakai Sistem Holding BUMDesa

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai wujud pemberdayan mstarakat sekitar Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel, Wisata Tengah Sawah atau lebih dikenal dengan singkatan WTS terus difokuskan demi meningkatkan kesejahteraan desa.

Terlebih usia prosesi Pilkades serentak beberapa waktu lalu, dan Kepala Desa (Kades) petahana lanjut ke periode 2, desa yang berada di tepian Sungai Bengawan Solo tersebut mengoptimalkan pemberdayaan dengan sistem holding Badan Usaha Milik (BUM) Desa.

"Periode depan fokus ke pemberdayaan, pengembangan ekonomi kreatif Warung Tengah Sawah, WTS yang akan menjadi kebanggaan desa sendiri," ujar Suhadi, Kades Sumberejo.

Ia menceritakan, adanya unsur lintas generasi sangat diperlukan dalam memajukan desa, terlebih para pemuda. Karang Taruna desa setempat memang sudah berjalan dengan baik, dan tinggal mengasah saja.

Sejarah desa nantinya bakal mencatat peninggalan usaha jerih payah masyarakat pinggiran ini. Asal berkegiatan postif, desa yang di kepalai oleh seorang pebisnis tersebut akan memfasilitasi.

Selanjutnya, sambung Suhadi, Holding BUMDesa akan diterpan. Perlindungan diketahui, bahwa WTS merupakan aset milik desa, namun desa juga menyiapkan aset umum lain yang sifatnya ekonomi kreatif.

"Biar masyarakat yang mengelola, BUMdes dapat hasil 10% dari holding itu," jelasnya

Fokus program WTS yang mana manfaat untuk masyarakat luar biasa besar. Di samping sebagai penyerapan tenaga kerja, ekonomi rakyat di desa juga terus merangkank naik.

"Hasilnya untuk kegiatan bersama, yang sifatnya kepemudaan, sosial, dan lain sebagainya," pungkasnya kepada blokTuban.com, Senin (22/7/2019). [feb/ito]