09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |   16:00 . Rapat Paripurna, Wabup Sampaikan Soal Langkah Ekonomi 2021   |   14:00 . Perkuat Koordinasi, Pangdam dan Bupati Resmikan Pos Koramil Grabagan Jadi Koramil   |   13:00 . Tegakkan Disiplin Prokes, Aparat Gabungan di Tuban Gencarkan Operasi Yustisi   |   12:00 . Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 19 July 2019 14:00

Begini Pentingnya KIA untuk Anak

Begini Pentingnya KIA untuk Anak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pelaksanaan catatan sipil serta kependudukan di Kabupaten Tuban terus ditingkatkan. Data kependudukan, mulai dari anak yang baru lahir, bahkan sudah ditata sejak dini dengan data berwujud Kartu Identitas Anak (KIA).

KIA dibuat dengan manfaat yang hampir sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bedanya KIA diterbitkan dalam 2 jenis, yakni untuk anak usia 0 sampai 5 tahun dan anak usia 5 hingga 17 tahun. Sedangkan KTP, diterbitkan ketika anak sudah berusia 18 tahun keatas.

"Kalau anak, pemberian identitasnya dengan KIA. Kartu ini juga sangat bermanfaat, kegunaannya banyak," ujar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui Sri Mugondo, Kasi Identitas Kependudukan.

Masih kata Mugondo, KIA bisa dipakai untuk anak yang ingin membuat tabungan. Padahal dulunya jika anak ingin membuat tabungan, harus melampirkan Kartu Keluarga (KK) sebagi berkasnya. Namun sekarang bisa langsung menggunakan KIA.

Selain itu, kartu anak tersebut juga sebagai bukti penguat akta lahir, yang mana bisa digunakan data anak ketika bepergian ke luar kota, daerah, maupun luar negeri.

"Kalau hari-hari seperti ini, KIA juga digunakan untuk persyaratan pelengkap anak masuk ke sekolah atau jenjang pendidikan lainnya," tambahnya kepada blokTuban.com.

Di Kota-kota besar lain, KIA yang dimiliki anak bisa digunakan sebagai kartu sakti untuk mendapatkan potongan harga saat belanja kebutuhan sehari-hari mereka. Rupanya, Disdukcapil di sana beberapa telah melakakan kerjasama maupun MoU dengan perusahaan-perusahaan besar toko buku.

Anak yang berbelanja di toko buku yang sudah melakukan kerjasama dengan Disdukcapil, bisa mendapat discount 10% hingga 20% dari harga normalnya. Dengan catatan menunjukkan identitas KIA miliknya.

Namun, sayangnya strategi meningkatkan minat anak maupun orangtua guna membuat KIA di Kabupaten Tuban belum bisa diwujudkan seperti kota besar lain.

Di kabupaten Tuban, KIA baru diterapkan pada pertengahan tahun 2018 lalu. Saat itu, musim-musimnya anak untuk masuk sekolah maupun naik ke jenjang pendidikan. Dari awal mula penerapan hingga awal tahun 2019 lalu, Disdukcapil Kabupaten Tuban telah menerbitkan KIA sekitar 30% dari total keseluruhan data anak yang ada.

"Baru 30%. Mudah-mudahan pertengahan tahun 2019 sekarang sudah ada peningkatan," pungkas Mugondo. [feb/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kia, dukcapil



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more