Jemaah Haji Tuban Akan Dapat Menu 'Pedas Asin' di Tanah Suci

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peningkatan pelayanan kepada jemaah haji musim 2019 terus dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI). Salah satunya, peningkatan pelayanan itu diberikan dengan memberlakukan sistem zonasi embarkasi untuk sajian menu catering.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban, Umi Kulsul. Menurutnya, pelayanan jemaah haji musim 2019 ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan itu salah satunya ada pada pelayanan menu catering saat berada di Tanah Suci, yang disesuaikan dengan zonasi embarkasi atau daerah masing-masing.

"Menu catering jemaah haji tahun 2019 disesuaikan dengan zonasi embarkasi," terang Umi Kulsum saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Umi menambahkan, untuk jemaah haji asal Kabupaten Tuban menu catering yang diberikan nanti sesuai dengan zonasi Embarkasi Provinsi Jawa Timur. "Menu jemaah haji asal Kabupaten Tuban nanti sesuai dengan lidah orang Jawa Timur, yakni pedas asin," imbuh Umi.

Adapun untuk jadwal makan jemaah haji dalam sehari adalah dua kali yaitu siang dan malam. Sedangkan, pada pagi hari jemaah haji mendapatkan snack.

Sekadar diketahui, Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban ada sebanyak 883 orang yang terdiri dari Kloter 76 dan Kloter 77. Untuk keberangkatanya, CJH asal Kabupaten Tuban akan diberangkatkan ke Embarkasi Surabaya pada 1 Agustus 2019.[hud/col]