09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |   16:00 . Rapat Paripurna, Wabup Sampaikan Soal Langkah Ekonomi 2021   |   14:00 . Perkuat Koordinasi, Pangdam dan Bupati Resmikan Pos Koramil Grabagan Jadi Koramil   |   13:00 . Tegakkan Disiplin Prokes, Aparat Gabungan di Tuban Gencarkan Operasi Yustisi   |   12:00 . Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 16 July 2019 17:00

FMM Serahkan Angkutan Limbah B3 ke Puskesmas Jenu

FMM Serahkan Angkutan Limbah B3 ke Puskesmas Jenu

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pada Selasa (16/7/2019), Forum Masyarakat Madani yang merupakan perkumpulan dari tokoh masyarakat yang berasal dari setiap desa di Kecamatan Jenu menyerahkan Angkutan Limbah B3 (ALIBABA) kepada Kepala Puskesmas Jenu, dr. Dede Kurniawati. Penyerahan ini sebagai dukungan untuk alat Angkutan Limbah B3 di wilayahnya. 

FMM merupakan kegiatan rutin masyarakat yang difasilitasi oleh Puskesmas Jenu untuk membahas tentang permasalahan-permasalahan kesehatan. Terbukti bahwa peran FMM sangat mendukung pemecahan masalah.

Pada pertemuan kali ini dibuka langsung oleh dr. Dede Kurniawati dengan perkenalan kepada beberapa anggota FMM. Permasalahan dan inovasi menjadi topik inti pembahasan dari pertemuan FMM yang disampaikan langsung oleh kepala Puskesmas. 

"Kami paparkan masalah-masalah serta inovasi-inovasi program yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019 dengan sasaran sesuai dengan siklus kehidupan manusia," kata dr. Dede kepada blokTuban.com. 

Adapun permasalahan yang dihadapi Puskesmas Jenu adalah banyaknya keluarga yang tidak sehat meliputi, hipertensi yang tidak terkontrol, banyak yang merokok, dan banyak keluarga tidak mempunyai JKN sehingga puskesmas jenu mempunyai inovasi Kolaborasi Interprofesi Keluarga Rawan (KONFERENSI KAWAN) guna menekan angka tidak sehat.

Permasalahan yang lain adalah KTR belum diterapkan sehingga puskesmas Berinovasi Kawasan Bebas Asap Rokok (KABAR). Dari hasil KABAR dihasilkan 22 sekolah telah menerapkan KABAR, tempat kerja dan tempat ibadah. Tingginya ibu hamil yang menderita Anemia sehingga muncul inovasi Nikah Sehat Ibu dan Anak Selamat (NIAT BU CAMAT). 

Selain itu, juga masih ada permasalahan ODGJ yang dipasung di Desa Remen sehingga Puskesmas Jenu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melepas pasung. Terdapat juga permasalahan balita kurang gizi yang di tangani dengan inovasi Gemar Makan Ikan Penuhi Gizi Seimbang (GEMILANG). 

"GEMILANG juga menjadi salah satu inovasi program unggulan dalam mencegah dan mengatasi kasus stunting dan gizi buruk," terangnya. 

Kecamatan Jenu merupakan daerah pesisir utara Jawa yang notabene penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, sehingga kuantitas ikan laut melimpah dan mudah didapatkan. Kita tahu bahwa pada ikan terkandung zat omega yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak, sehingga konsumsi ikan akan membuat manusia menjadi lebih pintar dan sehat. 

GEMILANG sendiri akan direalisasikan atas kolaborasi dari FMM, TP. PKK, dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Pemeriksaan calon pengantin (CATIN) guna mencegah kasus anemia pada ibu hamil juga stunting dan gizi buruk pada balita. 

"Rendahnya kasus penemuan suspek TBC dengan membantu penemuan suspek dengan menyarankan pemeriksaan dahak di puskesmas pada orang batuk lebih dari dua minggu," tutupnya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : forum, masyarakat, madani



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more