09:00 . Telan Biaya Rp15 Miliar, Gedung Baru PN Berstandar Peradilan Modern   |   08:00 . Sidak KPM di Semanding, Ini yang Ditemukan Dinsos   |   07:00 . Keuntungan Lain Menyusui, Mencegah Penumpukan Lemak!   |   18:00 . Ramadan, Pertamina Pastikan Energi di Jatimbalinus Aman   |   11:00 . Pemkab Larang Masyarakat Jual Toak, Petasan, dan Lakukan Sweeping   |   10:00 . Sepekan, ASN Bekerja Minimal 32,50 Jam   |   09:00 . Es Cendol Dawet, Minuman Segar Buat Buka Puasa   |   07:00 . Perempuan Stres Berisiko Jantung Koroner dan Berita Kesehatan   |   19:00 . Hilal Terlihat, PBNU Tetapkan Puasa Ramadan Besok   |   17:00 . Ketua Konvoi di Jenu Jadi Tersangka, Polisi: Dia Bawa Sajam   |   16:00 . Seleksi Paskibraka 2021, Wabup Minta Jaga Nama Baik Tuban   |   13:00 . Terkait Larangan Mudik, Polres Tuban Gelar Operasi Keselamatan Semeru Selama Dua Pekan   |   12:00 . Jelang Puasa,┬áTempat Ibadah di Montong Dipercantik   |   11:00 . Pertamina Ingin Produk Batik dan Pupuk Organik Tasikharjo Berkelanjutan   |   10:00 . Gelar Operasi Pekat Semeru, Polres Tuban Jaring 131 Tersangka   |  
Wed, 14 April 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dialog Kemenag: Semua Agama Mengajarkan Kedamaian

bloktuban.com | Tuesday, 16 July 2019 22:00

Dialog Kemenag: Semua Agama Mengajarkan Kedamaian

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban,  mengadakan dialog lintas agama yang dihadiri berbagai kalangan masyarakat. Kegiatan tersebut turut mengundang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Generasi Muda Lintas Agama, Unsur Polri dan TNI, akademisi kampus, MUI, organisasi keagamaan, Kepala KUA se kabupaten Tuban, penyuluh agama Islam. Kegiatan dilaksanakan di salah satu restoran di Jalan Basuki Rahmad, Tuban. 

Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengatakan,  kerukunan adalah cita-cita setiap  manusia dalam bingkai NKRI. Kebhinekaan yang menjadi ciri khas Indonesia jangan sampai terkoyak atas nama agama. Tokoh agama harus mampu memberikan pembinaan terhadap umat bagaimana agama menjadi penuntun dan pemersatu, bukan pemecah belah.

"Perbedaan adalah keniscayaan, dan menjaga perbedaan tetap indah adalah tugas seluruh komponen masyarakat,"ungkap Sahid, Selasa (16/7/2019)

Lebih lanjut, pria asli Gresik ini juga menuturkan bahwa hari, Jumat(12/7/2019) kemarin, pihaknya diundang oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jatim untuk diberikan pencerahan oleh Sekjend dan mendapatkan bantuan desa sadar kerukunan untuk Desa Kingking, kecamatan Tuban.

"Tuban yang penduduknya majemuk, mampu menjaga kerukunan dari gesekan antar umat beragama,"imbuhnya. 

Ia menambahkan, pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan dan kedamaian hidup manusia, Budha mengajarkan kesederhanaan, Hindu mengajarkan kedamaian, Kristen mengajarkan cinta kasih, Konghucu mengajarkan kebijaksanaan, Islam mengajarkan kasih sayang bagi seluruh alam dan mewujudkan konsep hidup beragama.

"Semua agama mengajarkan kebaikan," lanjutnya. 

Sementara itu, ketua panitia acara, Laidia Maryati, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat kerukunan dan toleransi antar umat beragama dengan pemerintah, dengan mendiskusikan isu-isu keagamaan terkini.

"Termasuk berbagai macam, ancaman dan tantangan dalam mewujudkan kerukunan di Kabupaten Tuban," ungkap Laidia. [nid/col] 

Dialog yang berjalan dengan sangat kekeluargaan tersebut, menghasilkan 5 deklarasi, yakni:

1. Berjanji dengan sepenuh hati memantapkan dan menguatkan peran dalam menjaga kondusifitas kerukunan umat beragama

2. Mengedepankan kearifan dalam merekatkan kerukunan umat beragama

3. Berusaha meredam persoalan yang dapat membahayakan kerukunan umat beragama

4. Menolak kerusuhan dan perpecahan di bumi Wali Tuban

5. Siap berkomunikasi, berkoordinasi dan bersilaturahmi dalam kerukunan umat beragama.

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : dialog, agama, kedamaian



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more