09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |   16:00 . Rapat Paripurna, Wabup Sampaikan Soal Langkah Ekonomi 2021   |   14:00 . Perkuat Koordinasi, Pangdam dan Bupati Resmikan Pos Koramil Grabagan Jadi Koramil   |   13:00 . Tegakkan Disiplin Prokes, Aparat Gabungan di Tuban Gencarkan Operasi Yustisi   |   12:00 . Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 12 July 2019 14:00

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Keberadaan tengkulak memiliki dua mata sisi bagi petani. Satu sisi mampu menyediakan modal awal, dan di sisi lain mampu mengontrol harga hasil panen petani sesuai keinginannya.

Dari kondisi tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, ingin menjadi lumbung padi desa. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Setelah melalui beberapa tahapan, hari ini produk beras dari BUMDes Socorejo sudah bisa dinikmati dan akan dijual untuk masyarakat sekitar.

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim mengatakan, dengan harga per 10kg Rp93.000, beras kelas medium ini juga akan dipakai untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tiap bulan dibagikan untuk masyarakat.

"BUMDes akan membeli padi hasil tani masyarakat Socorejo dengan harga yang lebih baik dari tengkulak," ucap Kades Arief ketika dihubungi blokTuban.com, Jumat (12/7/2019).

Kang Arief menambahkan, wilayahnya memiliki tiga tipe sawah. Mulai sawah irigrasi 1/2 teknis seluas 158 hektare, sawah tadah hujan 27 hektare, dan sawah pasang surut 58 hektare. Jika kebutuhan air tercukupi, per hektar bisa menghasilkan 1,5 ton beras.

Lebih dari itu, kebutuhan beras untuk BPNT Socorejo per bulan mencapai 1,2 Ton. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BUMDes bakal bekerjasama dengan Gapoktan maupun Poktan untuk mengoptimalkan hasil panen petani setempat.

"Jadi untuk BPNT saja BUMDes bisa nyerap 1,2 ton per bulan," terang alumnus PMII Yogyakarta ini.

Data blokTuban.com menyebutkan, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Socorejo ada sekitar 186 KK Non PKH. Sedang untuk penerima PKH sebanyak 126 KPM.

Bagi keluarga Pra Sejahtera mulai tengah tahun 2018 telah menerima BPNT sebesar Rp110.000/bulan. Program yang dulu bernama Program Raskin (Beras Miskin) atau Rastra ini, bertujuan meningkatkan ketahananan pangan keluarga miskin supaya kehidupannya semakin layak. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : desa socorejo, bumdes, gabah, beras, padi, petani tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more